Catatan Misionaris Boger: Alfoersche, Alifuru Galela Tiabo

oleh -90 views

Oleh: Muhammad Diadi, Penulis, Pelaku Budaya Galela

Pada tahun 1921 pendeta Boger mulai bertugas di Galela (Duma), tugas Kristenisasi di Galela dirangkap oleh pendeta tersebut. Istri dari pendeta Boger adalah seorang perawat dimana ia membantu suaminya untuk mengobati penduduk desa yang terkena penyakit.

Pendeta Boger bertemu salah seorang Alifuru Tiabo yang sudah memeluk agama Islam. Alifuru tersebut menetap di Desa Dokulamo dan menikahi seorang perempuan dari Tobaru serta mau membantu pendeta Boger untuk menyebarkan agama Kristen di Tiabo sebuah pemukiman Alifuru yang masih memegang kepercayaan lelehurnya.

Pendeta Boger dan istri di antar ke Tiabo oleh Alifuru tersebut dimana istri pendeta Boger membawa obat-obatan serta minuman untuk diberikan kepada penduduk Tiabo. Berikut gambaran oleh pendeta Boger ketika pergi ke Tiabo.

Baca Juga  Inspirasi Makeup Syifa Hadju untuk Acara Spesial

“Saya pergi ke sebuah desa di sungai Tiabo, untuk mengunjungi beberapa penduduk alifuru. Jalannya tidak mudah, jalan yang sempit, serta alang-alang yang tinggi dan juga cuacanya sangat panas. Ada juga beberapa jalan berlumpur di sepanjang perjalanan. Setelah itu kami menemukan sebuah rumah kebun untuk kami beristirahat di rumah kebuh itu sangat indah, istriku merebahkan tubuhnya karena lelah.