10 Perguruan Tinggi Negeri dengan UKT Termahal di Indonesia

oleh -293 views

Porostimur.com, Jakarta – Kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kembali memantik aksi protes dari mahasiswa. Di berbagai daerah, mahasiswa turun ke jalan menyuarakan penolakan mereka terhadap kebijakan yang dinilai memberatkan ini.

Mahasiswa di berbagai daerah lainnya juga menggelar aksi protes dengan berbagai cara, seperti orasi, demonstrasi, dan petisi online. Mereka menuntut agar pihak rektorat dan pemerintah meninjau kembali kebijakan kenaikan UKT dan mencari solusi yang lebih pro rakyat.

Kenaikan UKT ini dikhawatirkan akan semakin mempersempit akses pendidikan bagi kalangan kurang mampu. Banyak mahasiswa yang terancam tidak dapat melanjutkan studi karena tidak mampu membayar UKT yang tinggi.

Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia bervariasi, tergantung pada program studi, universitas, dan jalur masuk. Salah satu skema biaya kuliah yang diterapkan di PTN adalah uang kuliah tunggal (UKT). Berikut ini 10 PTN dengan UKT termahal di Indonesia.

Baca Juga  Iduladha 2024, Pemkot Ambon Salurkan Hewan Kurban di 70 Tempat

1. Universitas Indonesia (UI)
Universitas Indonesia atau dikenal dengan sebutan UI merupakan salah satu universitas favorit di Indonesia. Pada 2023, UI menduduki peringkat 10 di Asia Tenggara dan peringkat 49 di Asia. Tidak heran, kampus top tersebut diincar oleh ribuan calon mahasiswa yang ingin memiliki almamater jaket kuning tersebut.