10 Rumah di Pesisir Desa Sidangoli Gam Hancur Diterjang Ombak

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sedikitnya 10 rumah warga di RT 01 Desa Sidangoli Gam, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) rusak parah akibat diterjang ombak, menyusul terjadinya, hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan tersebut selama akhir pekan ini.

Warga yang rumahnya rusak terpaksa dievakuasi ke musholah terdekat, Ahad (17/1/2021).

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Halmahera Barat, Abdullah Ishak mengaku, kurang lebih 10 rumah di Sidangoli Gam mengalami kerusakan parah karena ombak tinggi sekitar pukul 18:00 WIT, petang kemarin.

“Tinggi ombak sekitar 4 sampai 5 meter, akhirnya menghantam 10 rumah warga hingga rusak parah,” katanya.

Abdullah sendiri meminta Pemerintah Desa (Pemdes) segera berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, untuk menyiapkan lahan bagi warga yang rumahnya rusak akbit dihantam ombak. Karena rumah warga yang tersapu ombak tidak layak lagi untuk ditempati.

Baca Juga  Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Guguran Sejauh 4,5 Kilometer

“Saya sudah kordinasi dengan pemdes agar secepatnya meminta bantuan ke pemerintah daerah agar sediakan lahan kosong untuk warga. Karena rata-rata rumah rusak parah, berada di pesisir pantai  sehingga tidak layak lagi untuk dibangun di tempat yang sama,” tukasnya.

Saat ini, lanjut dia, Pemkab Halbar telah berupaya memberikan sembako kepada warga yang rumahnya rusak terkena ombak.

“Kami telah berikan sembako kepada memerintah desa, dan itu diterima langsung oleh kepala desa yang disaksikan beberapa anggota TNI-Polri,” katanya.

Untuk saat ini, kata Abdullah, cuaca masih ekstrim, olehnya itu dirinya meminta masyarakat di Desa Sidangoli Gam khususnya di pesisir pantai agar tetap waspada dalam beraktifitas.

Baca Juga  Kabur Ke Namlea, Pelaku Penipuan Ratusan Juta Ditangkap

“Masyarakat harus ekstra hati hati, karena cuaca masih saja berubah, jadi tetap waspada,” pungkasnya. (red)