11 mahasiswa Unpatti ikut MTQ Nasional di Banda Aceh

oleh -60 views
Link Banner

@porostimur.com | Ambon: Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Pattimura Ambon diberangkatkan untuk mengikuti MTQ Nasional Mahasiswa yang ke XVI di Banda Aceh.

Pelepasan ini dilangsungkan secara resmi di gedung Rektorat lantai IV, Kamis, (25/7) kemarin oleh wakil rektor Unpatti Bidang Akademik, Prof.Dr. Ir. Frederik. Rieuwpassa, MS, dihadiri seluruh pimpinan civitas akademika Unpatti.


Rieuwpassa optimis mahasiswa yang mengikuti MTQ Nasional yang ke XVI di Banda Aceh membawa juara atau piala kemenangan.

“Saya optimis, karena mereka ini dipilih langsung oleh lembaga MTQ daerah Provinsi Maluku. Dimana penilaiannya mencakup membaca Al-Quran dengan martabat mujawwad, tadarus dengan bacaan murattal dan sebagainya,” ucapnya.

Ketua Panitia MTQ Mahasiswa Nasional, Drs. M. Nur. Matdoan. M.Si, mengaku, setelah terpilih menjadi perwakilan Maluku di ajang Nasional, ke 11 orang mahasiswa ini selalu melakukan pelatihan.

Baca Juga  Delapan Ide Foto Prewedding Outdoor Sederhana Tapi Menarik

Pelatihan tersebut menurut Matdoan dilakukan dua kali seminggu, yakni pada Sabtu dan Minggu. Dan ini dilakukan selama lebih kurang tiga bulan terakhir.

“Selama pelatihan, melibatkan 6 orang pelatih. Diantaranya, 2 orang tenaga profesional dari pusat pendidikan dan pelatihan Al-Quran Provinsi Maluku, dan 4 orang tenaga yang berasal dari staf edukatif unpatti yang ahli dalam bidang masing-masing. Pelatihan dilakukan di dua tempat, yakni masjid kampus Unpatti, pusat pendidikan dan pelatihan Qur’an Provinsi Maluku (Qur’an Center) Waihaong Ambon,” ujarnya.

Matdoan mengatakan, ada enam mata lomba yang diikuti oleh perwakilan Provinsi Maluku di Nasional nanti, yakni: Tilawatil Qur’an untuk 1 orang pria, Tartilil Qur’an untuk 1 orang pria, Fahmil Qur’an untuk satu kelompok yng terdiri dari 3 orang pria, Syarhil Qur’an untuk satu kelompok 3 orang wanita, dan Debat ilmiah kandungan Al-Quran dalam bahasa Inggris (DII) 1 kelompok 2 orang. (keket)

Baca Juga  Terima Kunjungan Silaturahmi ACT, Kapolda Maluku Bahas Covid-19 Sambil Buka Puasa