112 Orang ASN Kota Ambon Terkonfirmasi Positif Corona

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Dinas kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy mengatakan, sebanyak 112 dari 548 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Ambon dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes usap atau swab test.

“Dari 548 ASN yang menjalani tes usap 112 terkonfirmasi positif dan 436 negatif,” kata Wendy Pelupessy, Selasa (8/9/2020) di Ambon.

Pelupessy bilang, 112 ASN yang terkonfirmasi positif corona tersebut, tersebar di 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan yang paling banyak di lingkup Satpol Pamong Praja, yakni 55 orang dari 191 orang yang telah menjalani tes usap.

Adapun, Dinas Pemadam Kebakaran memiliki satu kasus positif dari 10 orang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) satu orang dari 19, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) satu orang dari dua yang menjalani tes usap.

Selanjutnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) 13 orang dari 45 ASN, Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Persampahan (DLHP) 10 orang dari 123, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tujuh orang dari 38, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) 13 orang dari 30.

OPD lainnya, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) tiga orang dari 29, Bagian Umum dan Perlengkapan empat orang dari 31, Bagian organisasi dan Tata Laksana satu orang dari tiga dan Dinas Perhubungan (Dishub) tiga orang dari 26 ASN yang menjalani tes usap.

“Bagian Pemerintahan satu orang menjalani tes usap dan hasilnya negatif. Maka total seluruhnya yang positif 112 ASN,” ujarnya.

Tes usap yang dilakukan Pemkot Ambon dan difokuskan bagi 13 OPD merupakan langkah antisipasi dalam mencegah penularan Covid-19 di kawasan perkantoran.

“Pemeriksaan tes usap dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada klaster perkantoran,” jelasnya.

ASN yang dinyatakan positif saat ini telah mengikuti isolasi secara terpusat di lokasi yang disiapkan Pemkot Ambon maupun isolasi mandiri bagi mereka yang rumahnya memenuhi persyaratan berdasarkan kriteria penilaian gugus tugas.

“Kita bersyukur beberapa ASN dari Satpol-PP dan beberapa OPD telah dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang dari lokasi karantina,” ungkapnya. (red/olof)

Link Banner