Demo di Istana, Mahasiswa Papua Teriak Referendum dan Kibarkan Bintang Kejora

oleh -124 views
Link Banner

[carousel_slide id=’12211′]

porostimur.com | Jakarta: Bendera Bintang Kejora dikibarkan oleh massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Antirasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme di depan Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis hari ini.

Melansir CNNIndonesia, Bendera kecil itu dikibarkan saat massa aksi menari dan menyanyi di saat aksi. Mereka menyanyikan lagu-lagu dengan lirik menuntut kemerdekaan Papua.

Dalam orasinya, salah seorang peserta memprotes aksi rasial di Surabaya beberapa waktu lalu.

Link Banner

Massa aksi juga menyatakan kecewa terhadap respons Presiden Joko Widodo terkait aksi rasisme yang diduga dilakukan aparat keamanan tersebut.

Sejumlah demonstran Aliasi Mahasiswa Papua berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/18). Dalam aksi damai memperingati referendum ke-49 Papua tersebut Aliasi Mahasiswa Papua menuntut pemerintah pusat segera mengakui resolusi bahwa Papua Barat berhak menentukan nasibnya sendiri untuk merdeka.(Bisnis Jakarta/ADE)

“Jokowi adalah kaleng-kaleng. Tidak bisa bisa menyelesaikan dengan minta maaf. Ini bukan lebaran, ini bukan lebaran. Minta maaf ke siapa?” kata seorang orator dari atas mobil komando.

Baca Juga  Putus Rantai Covid-19, TNI-Polri dan Pemprov Maluku Jaga Pintu Keluar Masuk Pelabuhan

Aksi telah dilakukan sejak pukul 12.00 WIB. Para mahasiswa memulai aksi dengan berjalan dari Mabes TNI Angkatan Darat menuju Istana Kepresidenan.

Massa sempat bentrok dengan aparat keamanan saat dihalangi bergerak ke Istana. Namun ketegangan mereda saat massa aksi diberi akses untuk beraksi di Taman Aspirasi di depan Istana Presiden (red/CNN/justice-law/VOA)