15.120 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Ambon, Walikota Siap Divaksin

oleh -6 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 15.120 vial vaksin Covid-19 yang dikemas dalam 8 koli paket tiba di Kota Ambon Provinsi Maluku, Senin pagi sekitar pukul 07.00 WIT.

“Benar vaksin tahap pertama sudah tiba tadi pagi menggunakan jasa penerbangan komersial Batik Air yang mendarat di Bandara Internasional Pattimura Ambon,” kata Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Maluku Kasrul Selang, di Ambon, Senin (4/1/2021).

Ribuan vaksin tersebut dikemas dalam dalam delapan koli paket dengan berat total 292 kilogram, terbagi atas tujuh koli di mana masing-masing berisi 1.960 vial dan satu koli lainnya berisi 1.400 vial vaksin.

Kasrul membenarkan pengamanan dan pengawalan vaksin mulai dari bandara hingga instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di Karang Panjang, dilakukan secara ketat oleh satu satuan setingkat peleton (SST) Brimob Polda Maluku, dipimpin langsung Karo Ops Kombes Pol Antonius Wantri dan Dirlantas Polda Maluku Kombes Pol Rahmat Hakim.

Link Banner

“Seluruh vaksin akan disimpan di instalasi Farmasi Dinkes Maluku di Karang Panjang karena fasilitasnya lengkap, sebelum didistribusikan ke kabupaten kota sesuai peruntukkan,” ujar Kasrul.

Baca Juga  Deretan Film Action Baru di Tahun 2021

Kasrul yang didampingi Kadis Kesehatan Maluku Meikyal Pontoh menyatakan, vaksinasi awal diperuntukkan kepada tenaga kesehatan di 11 kabupaten kota di Maluku, sebagai garda terdepan penanganan pandemi Covid-19.

“Jadi tahap pertama vaksinasi akan dilakukan kepada 14.548 orang tenaga kesehatan di Maluku. Jumlah terbanyak di Kota Ambon yakni 3.655 orang, dan Maluku Tengah 2.096 orang,” ujarnya.

Khusus di Kota Ambon selain untuk tenaga Puskesmas juga untuk tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh rumah sakit dan instalasi rujukan Covid-19.

“Jika tidak ada halangan vaksinasi akan dilakukan secara serentak pada 14 Januari 2021,” tambah Kasrul.

Walikota Ambon Siap Divaksin

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, diri siap menjadi orang pertama di Ambon yang akan divaksin. Namun lantaran umurnya yang sudah tak memenuhi kriteria, maka yang divaksin adalah pejabat pemkot.

Baca Juga  Mahasiswa Maluku-Maluku Utara di Makassar Galang Dana untuk Korban Gempa

“Selaku Wali Kota Ambon saya siap menjadi orang nomor satu di Ambon yang akan divaksin. Tetapi karena usia saya sudah melewati kriteria, maka yang akan menerima vaksin adalah pejabat di lingkup Pemkot,” ujarnya.

Dia menambahkan, para pejabat pemerintah Kota Ambon akan menjadi sasaran utama yang akan divaksin Covid-19. Total ada tujuh kelompok masyarakat yang menjadi sasaran vaksin. 

Ketujuh kelompok masyarakat tersebut di antaranya, tenaga medis, layanan kesehatan, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat daerah, serta tenaga pendidik guru dan dosen.

“Hari ini stok vaksin Provinsi Maluku tiba di Kota Ambon. Selain tenaga kesehatan yang menjadi ujung tombak menerima vaksin, maka pejabat pemkot juga sasaran utama untuk menjadi contoh bagi masyarakat,” kata Wali Kota Ambon, Senin (4/1/2021).

Baca Juga  Video: Curhat Walikota Bogor Setelah Dinyatakan Positif Corona

Richard Louhenapessy menambahkan, Dinkes Ambon melalui puskesmas sedang mendata warga setempat berusia 18-59 tahun. Sementara saat ini masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan dan Dinkes Provinsi Maluku terkait mekanisme pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Kuota vaksin Provinsi Maluku 1,1 juta. Kita belum tahu dapat jatah berapa karena masih menunggu jatah dari provinsi,” katanya. (red/alena)