16 Penambang Emas dari Bacan Tiba di Bolmut Sulut

oleh -380 views
Link Banner

Porostimur.com | Bolmut: Setelah hampir sepuluh hari berada di pelabuhan Ternate dan Bapelkes Manado, pasca adanya kebijakan pemerintah menutup sementara akses masuk dan keluar pelabuhan Ternate dan Manado, akibat pandemi COVID-19, 16 pekerja tambang emas dari Bacan Maluku Utara, asal Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), akhirnya tiba dengan selamat di kampung halaman.

Menurut salah satu penambang emas asal Kaidipang Santo Datukramat, mereka kurang lebih enam hari menunggu kapal untuk berangkat dari pelabuhan Ternate. Dan setibanya di pelabuhan Manado, langsung menjalani karantina di gedung Bapelkes Manado.

“Alhamdulilah kami bisa pulang hari ini di Bolmut, setelah dijemput Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinkes dan Dishub,” aku Santo, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga  Golkar Mulai Kampanyekan Airlangga Hartarto Maju Pilpres 2024

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan, dr Jusnan Mokoginta, mengatakan langkah ini adalah bentuk keprihatinan Pemda dan seluruh stake holder terhada masyarakat Bolmut di tengah Pandemi COVID-19.

“Kami hanya ditugaskan untuk membantu kepulangan saudara-saudara kita. Setelah berkoordinasi dengan pihak Tim Satgas COVID-19 Provinsi yang ada di Manado, oleh Kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit Febiyanto Lumoto, akhirnya mereka bisa dipulangkan dengan sarat menjalani karantina setelah tiba di Bolmut,” terang Jusnan.

Lanjutnya, 16 pekerja tersebut telah dilakukan pendataan oleh pihak Dinkes Bolmut dan selama menjalani karantina mandiri akan terus dipantau oleh tenaga kesehatan di masing-masing puskemas sesuai domisili. 

Status mereka Orang yang mempunyai riwayat perjalanan (ORP). Masing-masing dari Kecamatan Pinogaluman, Kaidipang, Bolangitang Barat, Bolangitang Timur dan Kecamatan Bintauna.

“Mereka juga sepakat akan menjalani karantina mandiri dan akan dipantau setiap hari oleh petugas puskemas selama 14 hari. Saya berharap dengan adanya kondisi pandemi COVID-19 saat ini, akan menjadi pelajaran bagi masyarakat Bolmut pelaku perjalanan. Kami berharap mereka selama menjalani karantina mandiri, dapat menjalankan protokol kesehatan dengan terus menggunakan masker, demi keselamatan keluarga di rumah,” harapnya. (red/rtm/boganinews)