180 Kelompok HAM Desak Boikot Olimpiade 2022 di China

oleh -5 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Lebih dari 180 kelompok hak asasi manusia (HAM) menyerukan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 untuk memprotes pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintahan Beijing terhadap ras dan etnis minoritas.

Koalisi Tibet minggu lalu menyerukan kepada pemerintah-pemerintah di dunia agar memboikot Olimpiade 2022 “untuk memastikan (olimpiade) tidak digunakan untuk membuat China semakin berani melakukan pelanggaran HAM dan tindakan keras yang mengerikan oleh pemerintah China terhadap perbedaan pendapat.”

perempuan xinjiang

Apa yang disebut sebagai boikot diplomatik itu akan melibatkan penarikan duta besar negara bersangkutan selama Olimpiade 2022 dan menangguhkan fungsi konsuler mulai 4-20 Februari 2021.

Penyelenggara yakin aksi itu akan mengirim pesan ke Beijing. Seruan mereka disampaikan beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, menekan diplomat senior China, Yang Jiechi, untuk pertanggungjawabannya atas pelanggaran hak asasi manusia, khususnya di Xinjiang, Tibet dan Hong Kong.

Baca Juga  AJI: Pemerintahan Jokowi Merusak Warisan Reformasi

(red/tagar)