188 Taruna-Taruni Politeknik Kelautan Perikanan Maluku dilantik

oleh -341 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Taruna-Taruni Angkatan I Tahun Akademik 2019/2020 Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku di Lantik Oleh Gubernur Maluku yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Maluku, Meggy Samson, pada Lapangan Upacara Poltek KP, Selasa (18/2/2020) .

Kepala Pusat pendidikan KP Dr Bambang Suprakto A.Pi , S.Pi, MT dalam sambutannya menjelaskan sebagai negara kepulauan yang terbesar di dunia sebagian besar wilayah indonesia hampir 75 persen merupakan laut.

“Laut demikian luasnya itu memiliki kandungan potensi yang luar biasa berupa ikan,terumbu karang rumput laut, hutan bakau,” jelasnya.

Dirinya mengatakan momen pelantikan taruna taruni politeknik KP Maluku ini selain bertujuan untuk meningkatkan kembali tentang jati diri bangsa indonesia sebagai bangsa bahari.

Menurutnya, dalam rangka memperkuat pembangunan kelautan dan perikanan nasional yang berkelanjutan maka, kementerian kelautan dan perikanan ingin mengajak semua sektor untuk ikut serta terjun langsung menguasai laut Indonesia, salah satunya dengan memberdayakan potensi kelautan dan perikanan

Baca Juga  Empat Pendaki Hilang di Gunung Gamalama

“Khusus bagi taruna taruni yang memiliki peluang dan kesempatan yang sangat besar untuk terjun berwirausaha dalam sektor kelautan dan perikanan,” kata Bambang.

Dirinya berharap dengan hadirnya taruna tahun ini di politeknik KP Maluku, maka sedikitnya bisa menjawab tantangan terbesar, yaitu menciptakan lapangan kerja baru di sektor kelautan dan perikanan.

Sementara itu, sambutannya Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Maluku, Meggy Samson mengatakan keberadaan provinsi Maluku sebagai provinsi kepulauan dengan luas wilayah lautannya yang mencapai 92,4 persen memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah.

Menurutnya potensi tersebut menjadi salah satu magnet utama bagi sektor kelautan dan perikanan di indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan produktivitas sektor perikanan di mana Maluku memiliki potensi sebesar 172 ton ber tahun atau 26 persen .

Baca Juga  Gus Mus Peringatkan Mahfud MD: Hati-hati Sampean, Jabatan Bisa Merusak Orang

Menurutnya, Maluku memang menjadi salah satu provinsi yang istimewa bagi sektor kelautan dan perikanan nasional namun potensi sumber daya perikanan saat ini masih belum optimal dilakukan.

“Kondisi tersebut sangat bertolak belakang dengan tekad pemerintah indonesia yang ingin menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai resep terutama untuk memajukan negara,” katanya.

Untuk itu menjadi tanggung jawab taruna dan taruni agar tetap semangat belajar dengan tekun karena di pundak mereka ada tanggung jawab yang besar untuk membangun dan mengelola sumber daya alam kelautan. (ebot)