2.800 Tentara Azerbaijan Tewas dalam Perang Lawan Armenia di Nagorno-Karabakh

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com | Baku: Azerbaijan pada Kamis (3/12/2020) mengumumkan, hampir 2.800 tentaranya tewas dalam perang melawan Armenia di Nagorno-Karabakh.

Pengumuman ini adalah rincian pertama yang dirilis dari kerugian militer Azerbaijan, dalam perang yang berlangsung selama 6 minggu itu.

Kementerian Pertahanan di Baku mengatakan, “2.783 prajurit angkatan bersenjata Azerbaijan tewas dalam perang membela negara,” seraya menambahkan bahwa identitas 103 tentara belum didapat melalui analisis DNA.

Kemudian 100 lebih tentara Azerbaijan hilang, kata pernyataan tersebut yang dikutip kantor berita AFP.

Sebelumnya Armenia telah mengumumkan bahwa 2.317 tentaranya tewas dalam perang di Nagorno-Karabakh, yang juga merenggut sedikitnya 93 warga sipil Azerbaijan dan 50 penduduk sipil Armenia.

Sementara itu sekitar 90.000 orang atau 60 persen dari populasi wilayah sengketa tersebut, harus mengungsi.

Baca Juga  September 2020, Ambon Alami Deflasi Sebesar 0,21 Persen

Perang Azerbaijan-Armenia yang terbaru ini pecah sejak akhir September, menghidupkan kembali konflik dua negara Kaukasus yang bertetangga itu di daerah kantong etnis Armenia di Azerbaijan.

Pertempuran terus berlanjut selama 6 minggu meski berusaha didamaikan oleh Perancis, Rusia, dan Amerika Serikat melalui gencatan senjata.

Kedua pihak yang bertikai kemudian menandatangani kesepakatan damai yang dimediasi Moskwa pada 9 November.

Perjanjian itu ditandatangani setelah tentara Baku mengalahkan pasukan separatis, dan mengancam akan bergerak maju ke kota utama Karabakh, Stepanakert.

Kemenangan tersebut dirayakan Azerbaijan dan sebaliknya memicu kemarahan di Armenia. PM Nikol Pashinyan dibanjiri kritik karena menyetujui kesepakatan itu.

Sebab dalam perjanjian tersebut Armenia kehilangan kendali atas beberapa bagian Nagorno-Karabakh, serta tujuh distrik berdekatan yang direbut mereka dalam perang 1990-an.

Baca Juga  Transformasi Klub Kriket Menjadi Tim Bersejarah di Dunia Bernama AC Milan

Hampir 2.000 pasukan penjaga perdamaian Rusia telah dikerahkan di antara kedua sisi dan di sepanjang koridor Lachin, rute sejauh 60 kilometer yang menghubungkan Stepanakert dengan Armenia.

Karabakh memisahkan diri dari Baku dalam perang di awal 1990-an, yang merenggut sekitar 30.000 nyawa dan puluhan ribu orang Azerbaijan mengungsi. (red/kompas.com)