200 Personil Baru Korem 152/ Babullah Terima Pembekalan Tentang Hukum

oleh -15 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sebanyak 200 personil baru TNI-AD di jajaram Korem 152/Babullah mendapatkan pengetahuan tentang hukum, Selasa (5/1/2021).

Pembekalan ini dilakukan Perwira Hukum, Mayor. Chk. MHL. Nainggolan di Aula Korem 152/Baabullah Ternate, Maluku Utara.

Materi pembekalan diantaranya tentang hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), hukum humaniter, Kita Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), Kitab Undang-undang Hukum Pidana Militer (KUHPM), Hukum dan Dinamika Masyarakat, serta Rule of Engagement (ROE).

Tujuan pembekalan ini adalah menyiapkan dan membekali seluruh prajurit yang akan melaksanakan tugas di satuan masing-masing agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.

Dalam keterangannya, Ws. Kapenrem 152/Baabulllah Kapten Inf Asep Saripudin menyampaikan, seluruh anggota jajaran Korem 152/Baabullah harus disiplin serta benar-benar paham apa yang dilakukan dalam pelaksanaan tugas pokok dan berpedoman kepada protap yang berlaku.

Baca Juga  Kapolres Malteng Jenguk Korban Penganiyaan di RSUD Masohi

Dengan begitu tidak ada keraguan dalam bertindak karena kita menghadapi rakyat yang harus dilindungi.

“Untuk mengantisipasi berbagai kerawanan, maka harus tetap waspada, lakukan patroli keamanan secara intensif dan lakukan pembinaan kepada masyarakat di sekitar perbatasan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara,” kata Asep.

Ia bilang, pelaksanaan pembekalan hukum ini diikuti secara antusias seluruh peserta pembekalan.

Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta kepada narasumber, diantaranya pertanyaan mengenai kedudukan hukum adat di hadapan hukum nasional dan penyelesaian hukum adat setempat. (alfian)