2019, Kanwil DJBC Maluku target optimalkan komoditi ekspor

oleh -54 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Dalam kurun tahun 2018 kemarin, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Maluku memperoleh nilai terbaik dari seluruh kanwil DJBC untuk Nilai indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran sebesar 97,95.

Dengan hasil itu, Kanwil DJBC Maluku menempati peringkat 266 dari 1090 satuan kerja (satker) dalam lingkungan Kementerian Keuangan.

Berangkat dari prestasi baik dari sisi administrasi, produk hukum hingga kegiatan ekspor yang berhasil direalisasikan pada tahun 2018 kemarin, Kanwil DJBC Maluku menargetkan peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Maluku.

Salah satu caranya, yakni mengoptimalkan komoditi-komoditi berpotensi ekspor, seperti rumput laut, mutiara, rempah-rempah, maupun produk perikanan/kelautan lainnya.

Hal ini dibenarkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJBC Maluku, Finari Manan, dalam kegiatan Media Gathering Bea Cukai dengan wartawan, Rabu (16/1).

Baca Juga  Live Streamin: Kapolda Maluku Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020

Menurutnya, upaya dimaksud juga harus diimbangin dengan menitikberatkan pengawasan melalui sinergi dengan stakeholder, baik instansi pemerintah maupun masyarakat, khususnya dalam membantu pengawasan kepabeanan  dan cukai.

”Tentunya tugas Kantor Wilayah DJBC Maluku sangatlah tidak mudah. Oleh karena itu dukungan dan sinergitas dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum lainnya perlu ditingkatkan lagi. Dan, peran serta masyarakat dalam menyampaikan infomasi kegiatan ilegal yang melanggar ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai sangat diperlukan, serta adanya kesadaran masyarakat dalam menggunakan produk legal,” pungkasnya. (ras)