2020 yang Aneh

oleh -19 views

Oleh: Made Supriatma, Peneliti dan jurnalis lepas. Saat ini bekerja sebagai visiting research dellow pada ISEAS-Yusof Ishak Institute, Singapore

Tahun ini sangat berat. Tahun pandemi dimana semua tatanan hidup sosial dijungkirbalikkan. Hidup manusia tidak lagi sosial melainkan harus soliter.

Kita tidak boleh lagi berkumpul. Kita tidak boleh bersalaman. Apalagi cipika-cipiki. Anak-anak kita belajar di rumah. Jauh dari pergaulan sosial. Kita tidak boleh mengunjungi orang yang kita cintai.

Bahkan bernapas pun kita dibatasi oleh benda bernama masker. Kita hidup dalam ketakutan oleh musuh virus yang kasat mata itu.

Nah, sekalipun demikian, manusia dikaruniai akal budi. Dan dengan akal budi tersebut dia mengakali hidupnya.

Baca Juga  KPK Tangkap Muhaimin Syarif, Tersangka Penyuap Gubernur Malut AGK

Mengakali hidup itu yang saya dapati dari sebuah berita dibagikan oleh kawan saya. Berita ini adalah tentang seorang pria dari negara Kazakhstan yang bernama Yuri Tolochko.

Tuan Tolochko adalah seorang binaragawan. Sebagaimana layaknya binaragawan otot-ototnya bagus. Menjadi manusia berotot itu sepenuhnya normal bukan? Namun ada yang menarik perhatian orang tentang Tuan Tolochko ini. Bukan ototnya tapi perkawinannya.

Menjelang Natal kemarin dikabarkan bahwa Tuan Tolocko mengawini pujaan hatinya yang bernama Margo. Normal? Iya. Kecuali bahwa pujaan hatinya itu sebuah boneka.