Peringati Hari Ikan Nasional, DKP Morotai Gelar Gerakan Sapu Laut dan Gita Bahari serta Gerakan Makan Ikan

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Morotai: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai menggelar Gerakan Sapu Laut dan Gita Bahari serta Gerakan Makan Ikan (GEMARI), Sabtu (23/11/2019).

Kegiatan yang dihelat dalam rangka Hari Ikan Nasional ini, berlangsung di Pantai Army Dock, Kecamatan Morotai Selatan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke 6, Tahun 2019, yang dirangkai dengan sapu laut bersama, lomba daur ulang sampah plastik dan bersih-bersih pantai.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi dan edukasi konservasi tentang pengenalan Hiu dan Mamalia laut, pengenalan terumbuh karang serta pengenalan alat selam. Disamping itu, DKP Morotai juga melakukan lomba cipta menu bahan dasar ikan dan lomba makan ikan.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak bagaimana mendapatkan gizi, karena ikan adalah potensi besar, oleh sebab itu Gerakan Makan Ikan menjadi prioritas daerah ini karena ikan mengandung protein untuk pertumbuhan otak yang mampu menciptakan generasi pintar.

Hal ini menjadi perhatian Pemda Morotai, dan juga merupakan amanat dari Presiden RI untuk bagaimana menjaga pantai, lingkungan dan ekosistem laut.

Baca Juga  Kasus Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 117 Orang

Bupati Morotai menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagaimana kita belajar menjaga kebersihan laut, kebersihan pantai untuk menjaga biota laut.

“Selain itu, kita juga memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang biota laut yang dilindungi, yang merupakan keindahan alam, keindahan wisata bahari yang ada di dalam laut yang betul-betul harus kita jaga bersama,” ajaknya.

Kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada anak-anak bagaimana mendapatkan gizi, karena ikan adalah potensi besar oleh sebab itu Gerakan Makan Ikan menjadi Prioritas Daerah karena ikan mengandung protein untuk pertumbuhan otak yang mampu menciptakan generasi yang pintar.

Hah ini menjadi perhatian Pemda Morotai dan juga merupakan amanat dari Presiden RI untuk bagaimana menjaga pantai, lingkungan dan ekositem laut.

Secara ektrakurikuler kegiatan ini juga menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah dan saat ini telah menjadi budaya kita yakni setiap hari jumat, ada kegiatan jumat bersih, tujuannya adalah kita mempersiapkan generasi emas kita mulai dari sekarang.

Baca Juga  Politik Adalah Panglima
modules/news/images/d8235a74ac80e18edc5df03be849f7f7.gif
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pulau Morotai, Suriani Antarani 

Kepala Dinas DKP Pulau Morotai kepada awak media menyampaikan, Tujuan dari Kegiatan GEMARI ini adalah memperkenalkan kepada Siswa-Siswi SD,SMP dan SMA bahwa kita mempunyai kekayaan laut yang luar biasa banyak potensi perikanan serta potensi ikan yang harus kita lindungi.

“Kita memperkenalkan kepada anak-anak sekolah ada biota laut yang di lindungi sesuai dengan Peraturan Bupati No.15 Tahun 2018 hal ini dilakukan untuk menjadi masa depan anak-anak kita,” ujarnya.

Gerakan Makan Ikan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi kepada anak-anak kita agar kedepan mampu menjadi generasi emas khususnya di Kabupaten Pulau Morotai.

“Kegiatan ini sudah mejadi kegiatan rutin DKP Morotai dan setiap hari kita telah melakukan pembersiahan pesisir pantai dan menjaga ekosistem laut, namun kami juga berharap semua pihak harus wajib menjaga kebersihan laut,” sebutnya.

Baca Juga  Pengadilan Kanada Putuskan Anggur Produksi Tepi Barat Tak Boleh Bercap 'Made In Israel'

Perlu di ketahui kegiatan ini akan terus berjalan setiap tahun, tetapi untuk pelaksanaan pembersiahn dan menjaga ekosistem laut itu telah menjadi kewajiban kita DKP Morotai dan sudah 2 tahun lebih kami melakukan itu melalui Satgas kita yang khusus menjaga pesisir pantai.

Kegiatan yang sedang berlangsung ini, kata Kadis, bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulau Morotai dan di sini Tim PKK sendiri membuat Lomba Gemar Makan Ikan, Lomba Daur Ulang Sampa, Sapu Laut hal itu kita lakukan bersama-sama PKK Morotai.

“Harapan kami, semoga dengan kegiatan ini para siswa-siswa lebih tau semua kita punya ikan yang harus di lindungi, kita punya laut yang bersih, kita punya hasil perikanan yang baik dan kita punya pesisir pantai yang harus di jaga,” pungkasnya. (vonny)