Jelang Natura, BASARNAS Ambon Tingkatkan Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan SAR

oleh -122 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 hanya tinggal menghitung hari, tentunya hal ini banyak digunakan oleh masyarakat dengan memanfaatkan waktu untuk merayakannya bersama keluarga tercinta bahkan menikmati liburan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Demi meningkatkan rasa aman dan nyaman pada masyarakat, dalam meningkatkan pelayanan jasa pencarian dan pertolongan maka Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) melakukan siaga SAR khusus dengan menempatkan personilnya di beberapa titik yang menjadi konsentrasi massa di seluruh Indonesia.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon sebagai unit pelaksana teknis dari BASARNAS melaksanakan apel gelar pasukan sebagai kesiapsiagaan personil jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dilaksanakan pada rabu (18/12) sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi.

Baca Juga  Tobat, Buzzer Ini Bocorkan Rahasia Serang Ulama

Apel Kesiapasiagaan ini langsung dipimpin oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, Muslimin, bertempat di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon.

Pada kesempatan tersebut, Muslimin menyampaikan amanat yang disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari Siaga SAR Khusus ini adalah demi terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan Natal dan Tahun Baru serta pemantauan kawasan wisata yang menjadi konsentrasi massa secara profesional, sinergi, dan militan.

Dalam siaga Nataru tahun ini personil rescue juga akan dilengkapi dengan alat utama dan sarana pendukung yang dimiliki Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personil, Kapal Negara (KN) SAR, Peralatan Medis, Peralatan Selam dan Peralatan Ekstrikasi.

Baca Juga  Kunker ke Poles Malteng, Ini Arahan Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar

Pada akhir amanatnya beliau juga berpesan kepada seluruh personil agar tetap semangat, jaga kesehatan, dan selalu ingat bahwa tugasnya penuh dengan syarat nilai-nilai kemanusiaan kemudian meyakini bahwa Tuhan yang Maha Kuasa akan mencatatnya sebagai amal ibadah.

Muslimin juga mengatakan untuk pengamanan SAR di wilayah Maluku, wilayah pelayaran menjadi fokus utama pengamanan dan pemantauan dengan mengerahkan puluhan personil di lapangan. ” Ini adalah kegiatan rutin setiap tahunnnya.

Kalau di Maluku kita fokus di pelayaran, jadi tim Basarnas di beberapa pos SAR atau Posko ditempatkan di penyebrangan penyerbrangan antar pulau. Jelasnya.

Pengamanan untuk wilayah Maluku juga menurut Muslimin, akan mengerahkan sebanyak sembilan puluh satu personil SAR. Pengamanan utama juga terfokus pada empat pos SAR, yakni Kota Ambon, Namlea Pulau Buru, Banda, Tual dan Saumlaki Maluku Tenggara Barat.  (red/angel)