272 Kades se-Maluku Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas

oleh -127 views

Porostimur.com, Ambon – Sebanyak 272 perangkat desa di Maluku, mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa, Kamis (5/10/2023).

Ratusan perangkat desa itu berasal dari 68 Desa di Maluku yang terdiri dari kepala desa atau raja, Ketua PKK, sekretaris desa, dan juga kaur pemerintahan itu, mengikuti pelatihan yang berlangsung di Hotel Grand Avira, Kota Ambon.

Direktur Fasilitasi Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri, Lusje Anneke Tabalujan dalam sambutannya, Kamis (5/10/2023) mengatakan, tujuan pelaksanaan pelatihan ini, untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada perangkat desa.

“Mulai dari menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa, Kepemimpinan, kewirausahaan dan juga pengelolaan administrasi,” ujarnya.

Baca Juga  Tertimpa Pohon Tumbang di Tawiri, Pengemudi Avanza Meninggal Dunia

Tak hanya itu, Anneke bilang, para peserta juga dilatih mengenai tata kelola administrasi desa untuk mencega terjadinya penyalahgunaan keuangan.

“Bagaimana leadership, entrepreneurship, mereka sudah dipilih oleh rakyat pasti rakyat mereka punya kepemimpinan, tapi ini dikasih ilmunya, kemudian entrepreneurship, sekarang ada potensi di desa kalau nggak dijual juga ngga tahu bagaimana mereka mau memasarkan dan seterusnya. Mangkanya diberikan entrepreneurship-nya. Kemudian bagaiaman penyelenggaran pemerintahan desa itu,” kata Tabalujan.

No More Posts Available.

No more pages to load.