3 Cara Menyikapi Teman yang Jahat di Belakangmu, Tidak Perlu Dendam!

oleh -87 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Tidak heran jika banyak orang dengan mempunyai berbagai sifat, berbagai macam perilaku dan juga berbagai macam orang yang memandang orang lain atau bahkan temannya sendiri dengan baik atau malah tidak baik.

Dengan itu, tidak sedikit yang menyadari bahwa ternyata banyak juga seorang teman yang bisa dikatakan dekat, pasti ada saja yang ternyata berbuat jahat di belakang kita. 

Ada yang baik di depan tapi menusuk di belakang. Mungkin hal seperti ini sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Tapi, jika memang kamu memiliki teman yang sudah jahat denganmu, ini ada beberapa cara untuk menyikapi orang yang memang sejahat itu di belakangmu.

1. Kamu Boleh untuk Tidak Lagi Terlalu Dekat Dengannya

Ilustrasi mempunyai jarak dengan teman (Pexels/Markus Spiske)
Ilustrasi mempunyai jarak dengan teman (Pexels.com/Markus Spiske)

Sudah jelas, untuk apa memiliki teman yang jahat, sepertinya yang dikatakan teman itu seharusnya baik dan malah bisa mendukung kemajuanmu.

Jika dia sudah berbuat jahat di belakangmu atau bisa saja menyebutnya dengan teman bermuka dua, sebaiknya kamu tidak perlu terlalu dekat dengan orang seperti itu.

Baca Juga  Guns N’ Roses Rilis Lagu Baru Berjudul 'Absurd'

Kamu berhak memilih teman yang memang bisa membuatmu menjadi diri sendiri dan tentunya bisa membuatmu menjadi lebih baik. Bukan teman yang hanya bisa menjelek-jelekanmu di belakang, tapi manis di depan.

2. Kamu Pura-Pura Tidak Tahu Jika Dia Sudah Jahat Denganmu

Ilustrasi pertemanan (Pexels/Marlene Leppänen)
Ilustrasi pertemanan (Pexels.com/Marlene Leppänen)

Melihat orang jahat yang lagi berpura-pura baik di depan kita, itu hal yang sedikit menghibur. Kamu tidak perlu memberitahu padanya bahwa kamu sudah tahu semua kelakuan temanmu.

Kamu cukup tahu saja apa yang sebenarnya terjadi. Lihat saja apa yang dia lakukan selanjutnya, karena temanmu tidak sadar bahwa kamu sudah mengetahui semuanya tentang kejahatan yang dia lakukan di belakangmu.

3. Kamu harus Tetap Menjadi Orang Baik

Ilustrasi orang baik (Pexels/Pavel Danilyuk)
Ilustrasi orang baik (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sejahat apa pun temanmu pada dirimu, ingatlah baik-baik, bahwa kejahatan jangan pernah dibalas dengan kejahatan. Karena jika kamu balas dengan kejahatan lagi, artinya kamu sama jahat dan liciknya dengan temanmu itu.

Baca Juga  PBB Mencapai Konsensus tentang Ukraina untuk Pertama Kali

Kejahatan yang sudah dilakukan temanmu akan berbuah buruk kepada temannmu sendiri. Sebab apa yang kita lakukan, entah perbuatan jahat atau baik, itu akan berbuah yang sama dengan apa yang sudah kita perbuat sebelumnya.

Maka dari itu, tetaplah berbuat baik, agar temanmu juga menyadari bahwa sejahat apa pun dirinya pada kamu, tidak akan mengubah kebaikanmu terhadap siapa pun. 

Itulah 3 cara menyikapi teman yang sudah berbuat jahat di belakangmu. Bagaimana pun kita harus tetap menjadi orang baik tanpa ada dendam pada orang lain tanpa terkecuali. (red/yoursay)

No More Posts Available.

No more pages to load.