3 Golongan yang Jauh dari Rasulullah SAW di Hari Kiamat

oleh -184 views

Umat Islam senantiasa mendapatkan syafaat Rasulullah SAW pada hari kiamat. Bagaimana tidak, ketika semua nabi dan rasul kebingungan, Nabi Muhammad SAW memohonkan ampunan untuk umat di hari perhitungan itu.

Sebaliknya, mukmin sangat khawatir bukan menjadi bagian golongan yang mendapat syafaat. Terlebih, hingga dijauhkan dari Rasulullah SAW di hari akhir. 

Sebab pada hari itu, hari seluruh umat manusia dibangkitkan untuk dimintai pertanggungjawaban, atas apa yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Tetap, tidak semua umatnya dapat mendekat kepada Nabi SAW.

Seperti dilansir Laduni.id, dalam sebuah riwayat, terdapat suatu peristiwa di mana Rasulullah SAW menjelaskan siapa saja golongan yang kelak yang paling dekat dengannya di hari Kiamat

Salah satu orang dekat dengan Rasulullah  pada hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Siapakah orang berakhlak mulia?

Baca Juga  Masjid Al-Iza STAIN RW 10- RT 17 Sembelih 6 Hewan Kurban, Tak Semua Warga Kebagian

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW disebutkan adalah bukan orang yang keras, tidak suka menghina sesama dan tidak sombong.

3 Golongan yang Jauh dari Rasulullah SAW di Hari Kiamat

Sebaliknya, orang yang melakukan tiga perbuatan tersebut, akan menjadi orang yang paling jauh dari Nabi Muhammad SAWpada saat hari Kiamat.

عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن من أحبكم إليّ وأقربكم مني مجلسا يوم القيامة أحاسنكم أخلاقا وإن أبغضكم إليّ  وأبعدكم منّي مجلسا يوم القيامة الثرثارون والمتشدقون والمتفيهقون

Dari Jabir bin Abdullah bin Amru bin Haram Al-Anshari radliyallahu anhu (607-697 M, Jannatul Baqi’ Madinah) berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda : “Orang yang paling saya cintai dan paling dekat dengan tempat saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Sementara orang yang paling saya benci dan tempatnya paling jauh dari saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang keras dan rakus, suka menghina dan sombong.” (HR. Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi Asy-Syafi’i atau Imam At-Tirmidzi rahimahullah wafat 9 Oktober 892 M, Termez, Uzbekistan).

No More Posts Available.

No more pages to load.