3 Golongan yang Wajahnya Berseri di Hari Kiamat, Siapa Saja Mereka?

oleh -33 views

Terjadinya kiamat merupakan tanda berakhirnya kehidupan manusia di dunia dan dimulainya masa akhirat. Bumi beserta isinya akan hancur binasa, tanpa menyisakan satupun manusia. 

Hari kiamat disebut juga dengan istilah al-yaumul akhir. Dalam Al-Qur’an banyak dijelaskan tentang hari akhir dengan istilah berbeda-beda. 

Misalnya yaumul qiyamah (hari kebangkitan), al-akhirah (akhir; penghabisan), yaumud din (hari pembalasan), yaumul fashl (hari keputusan), dan sebagainya.

Kelak, setelah hari kiamat manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar dengan raut wajah yang berbeda, tergantung dengan amal ibadah masih-masing selama hidup di dunia.

Ada yang wajahnya nampak suram karena banyak berbuat dosa dan ada pula yang wajah berseri karena banyak berbuat kebaikan. Siapakah mereka? Berikut uraiannya:

Manusia Dibangkitkan di Padang Mahsyar

Setelah datangnya hari kiamat, manusia akan dibangkitkan lagi di Padang Mahsyar. Menurut Mahmud Al-Mishri Abu Ammar dalam Kitab Rihlah Ila Ad-Dar Al-Akhirah, Padang Mahsyar berada di negeri Syria.

Baca Juga  Prajurit Yonmarhanlan IX Ambon Bersama Warga Hualoy Bersihkan Pantai

Hal tersebut dengan berdasar pada hadis shahih, di mana Rasulullah saw mengisyaratkan tangannya ke arah Syria ketika mengatakan mengenai Padang Mahsyar.

Dibangkitkannya kembali seluruh manusia di Padang Mahsyar tersebut telah dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an melalui surat Al-Mukminin ayat 15 dan 16:

“Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.” (QS. Al-Mu’minun: 15-16)

Di antara golongan yang kelak akan dibangkitkan kembali di Padang Mahsyar akan memiliki wajah yang berseri. Golongan seperti apakah mereka?

1. Orang yang Bertakwa kepada Allah SWT

Golongan orang yang bertakwa, yakni menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan bertobat kepada Allah SWT, maka ia akan memiliki wajah berseri saat dibangkitkan di Padang Mahsyar kelak.

Hal ini dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 82:

“Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.”

Bertakwa ditunjukkan melalui  seorang Muslim untuk bisa membedakan antara yang baik dan buruk, serta yang benar dan yang batil.

Baca Juga  Hamas: Gencatan Gaza Bisa Terjadi dalam 48 Jam Jika Israel Sepakat

Ciri-ciri orang yang bertakwa adalah mereka yang beriman pada yang gaib, mendirikan sholat, mengeluarkan hartanya di jalan Allah SWT, beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, dan menjalankan kebaikan.

2. Orang yang Selalu Ingat Allah SWT

Orang yang selalu ingat kepada Allah SWT saat sedang senang dan susah, juga akan memiliki wajah berseri ketika dibangkitkan di Padang Mahsyar kelak.

Orang-orang ini memiliki hati yang selalu terhubung dengan Allah SWT.

Ia tidak melewatkan hari-harinya untuk selalu bersyukur, beristighfar, dan berdoa. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

“Barangsiapa mengucapkan Subhanallah wabihamdihi Maha Suci Allah dan segala pujian hanya untuk-Nya sehari seratus kali, maka kesalahan-kesalahannya akan terampuni walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Bukhari)

Baca Juga  Polda Maluku Utara Gagalkan Penyelundupan 110 Kantong Cap Tikus Asal Halbar

3. Orang yang Berjihad di Jalan Allah SWT

Mereka yang berjihad di jalan Allah SWT, maka kelak akan memiliki wajah yang berseri ketika dibangkitkan di Padang Mahsyar. Mereka juga akan mendapatkan pahala dan juga akan dimasukkan ke surga dengan segala kenikmatannya.

Dikutip dari jateng.nu.or.id, jihad secara bahasa adalah perjuangan dengan mengerahkan segenap kemampuan, baik dalam bentuk melawan musuh di medan pertempuran atau perjuangan tanpa terjun ke medan pertempuran.

Menurut Abdurrahman bin Hamad Ali Imran, jihad terbagi menjadi umum dan khusus. Secara umum adalah seorang muslim bersungguh-sungguh untuk menggapai sesuatu yang mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhkan dari hal yang dilarang.

Secara khusus, adalah memerangi kaum kafir untuk menegakkan kalimatullah, yakni syariat Allah SWT.

sumber: liputan6

No More Posts Available.

No more pages to load.