32 CCTV Siap Pantau Titik Strategis Kota Ambon

oleh -135 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pembangunan Command Center Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon saat ini memasuki tahap akhir dan dalam waktu dekat dapat difungsikan untuk memantau sejumlah titik strategis di Kota Ambon.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz, ketika ditemui di Media Center, Rabu (3/2/21) mengatakan, Pemkot telah menyelesaikan pemasangan Closed-Circuit Television (CCTV) di 32 titik yang tersebar di kota Ambon dan sementara melakukan uji coba.

“Saat ini kami tengah melakukan uji coba perangkat CCTV yang terpasang. dalam hal pemantauan situasi di Kota Ambon, kami juga melakukan kerjasama dengan Polda Maluku, dan dalam waktu dekat koneksi dengan CCTV milik Polda Maluku akan segera terhubung,” kata Kadis.

Baca Juga  Utang Negara Sudah 40 Persen Lebih, Pemerintah Khawatir

Kadis menjelaskan, CCTV-CCTV yang terpasang tidak hanya pada jalan protokol, tapi juga lokasi-lokasi strategis, diantaranya pada area fasilitas umum, fasilitas pemerintah, tempat pembuangan sampah, dan sungai besar.

“Selain di jalan protokol, fasilitas pemerintah dan fasilitas umum, CCTV juga dipasang di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dimana masyarakat sering membuang sampah tidak pada tempatnya, dan tidak pada jam yang ditentukan, serta di sungai besar untuk mengantisipasi kenaikan air pada musim hujan, “ jelas Kadis.

Dirinya mengakui, dari keseluruhan titik pemasangan, ada beberapa titik yang akhirnya dipindahkan dari lokasi pemsangan awal karena terkendala masalah teknis. Awalnya direncanakan CCTV akan dipasang pada fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) namun karena PJU sudah dipasang timer sehingga dialihkan ke fasilitas umum atau fasiltas pemerintah yang terdekat.

“Masalah teknis tersebut sudah terselesaikan, dengan memindahkan lokasi CCTV pada fasilitas umum atau fasilitas pemerintah terdekat dari lokasi pemasangan awal,” kata Kadis.

Dikatakan, seluruh titik CCTV ini akan menjadi dashboard command center untuk terus dimonitor dan ditindaklanjuti secara cepat oleh OPD terkait, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing – masing.

Baca Juga  Tidak Ada Pemberdayaan SDM Di Gane, Pemuda Angkat Bicara

Untuk jalan protokol akan diawasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub)  bekerjasama dengan Dirlantas Polda Maluku dan Polresta Ambon & PP Lease, sedangkan untuk TPS akan dipantau oleh Dinas Lingkungan Hidup dan persampahan (DLHP) serta Satuan polisi  Pamong Praja (Satpol PP), sungai – sungai akan di pantau oleh Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan rakyat (PUPR) dan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) demikian juga dengan berbagai fasilitas umum dan fasilitas pemerintah lainnya.

“Dengan adanya Command Center ini diharapkan OPD terkait lebih cepat tanggap mengatasi berbagai persoalan di masyarakat,” pungkasnya. (alena/agi)