Deretan Film Perang Terbaik Sepanjang Masa Ini Diambil Dari Kisah Nyata, Mana Favoritmu?

oleh -88 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bukan rahasia lagi jika hubungan antar-negara di dunia tak selalu harmonis. Peperangan pun kerap terjadi di mana-mana dan menimbulkan kekhawatiran. Bahkan, belum lama ini isu tentang World War 3 alias Perang Dunia Ketiga kembali ramai dibahas, seiring dengan ketegangan militer dan prooaganda yang terjadi di sejumlah negara.

Begitu banyaknya peristiwa peperangan yang telah terjadi di dunia mendorong para sineas untuk mengabadikannya dalam karya film. Bahkan, tak sedikit film perang yang diadaptasi dari kisah nyata.

Film perang memiliki daya tarik tersendiri, terlebih bagian aksi yang dijamin mampu memacu adrenalin. Film perang juga banyak identik dengan adegan menegangkan, mulai dari adegan pertempuran hingga bahasan-bahasan politik dan diplomatik yang kadang membuat penonton berpikir keras.

Nah, buat kamu yang suka nonton film perang, berikut porostimur.com sudah merangkum 10 film perang terbaik sepanjang masa yang diangkat dari kisah nyata:

Link Banner

1. Dunkirk

Dunkirk

Sutraara Christopher Nolan nampaknya memang tidak pernah kekurangan ide untuk membuat mahakarya yang membuat penikmat film terpikat. Tak terkecuali salah satu karya terbaiknya, “Dunkirk”, yang mengangkat tema tentang peperangan.

Film garapan Nolan yang satu ini bahkan dijuluki sebagai salah satu film perang dunia terbaik. Sesuai judulnya, “Dunkirk” sendiri mengangkat tentang kejadian perang yang terjadi di kawasan Dunkirk, Prancis.

“Dunkirk” bercerita tentang pasukan Jerman yang mulai menguasai Prancis pada tahun 1940-an. Kala itu, kedatangan Jerman mau tak mau membuat pasukan sekutu dari Inggris, Prancis, Belgia dan Belanda jadi terpojok di kota Dunkrik.

Selain sinematografinya yang layak diacungi jempol, jalan cerita yang berat namun seru khas film-film Nolan membuat “Dunkirk” menjadi sajian yang sangat menarik untuk ditonton. Terlebih, film ini menggandeng nama-nama tersohor seperti Harry Styles, Tom Hardy dan Mark Rylance.

Baca Juga  PenandaTanganan KUA-PPAS Halbar Diwarnai Aksi "Walk Out" Fraksi Partai Golkar

2. Black Hawk Down

Black Hawk Down

“Black Hawk Down” karya sutradara Ridley Scott menjadi salah satu film perang yang recommended banget. Film ini diangkat dari kisah nyata dari kejadian operasi militer Amerika Serikat di Somalia, ketika para tentara bertugas menyergap kepala pemberontakan.

Sebelumnya, kisah ini ditulis ke dalam sebuah buku karya seorang reporter. Kemudian, Ridley mengangkatnya menjadi sebuah film dengan tampilan set lokasi yang nyata serta adegan demi adegan yang sangat seru.

Saking ciamiknya, “Black Hawk Down” meraih dua penghargaan di ajang penghargaan Oscar untuk kategori Best film Editing dan Best Sound Mixing.

3. Pearl Harbour

Pearl Harbour

Tidak lengkap rasanya jika membahas rekomendasi film perang tanpa menyebutkan “Pearl Harbour”.

Sesuai judulnya, film ini terinspirasi dari kisah nyata tragedi bom di pangkalan militer Amerika Serikat, yakni Pearl Harbour di Honolulu, Hawaii. Pengeboman yang dilakukan pihak Jepang pada sekutu itu kemudian akhirnya dibalas dengan pengeboman berskala besar di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

Selain membahas peristiwa pengeboman Pearl Harbour, film ini juga fokus menyoroti karakter bernama Rafe dan Danny yang diperankan oleh aktor Ben Affleck dan Josh Hartnett, yang dikisahkan sebagai dua sahabat yang ikut berperang dalam kejadian Perang Dunia II ini.

4. Hiroshima Mon Amour

Hiroshima Mon Amour

“Hiroshiman Mon Amour” berlatar pada Perang Dunia II, tepatnya kala insiden pengeboman Hiroshima, Jepang. Namun film jadul besutan sutradara Alain Resnais ini lebih menyoroti perihal kisah percintaan dua insan saat insiden tersebut terjadi.

“Hiroshiman Mon Amour” bercerita tentang seorang aktris Prancis yangjatuh cinta pada seorang Arsitek asal Jepang. Romantisme keduanya berubah saat terjadi Perang Dunia II dan pengeboman Hiroshima.

Walau lebih menekankan pada kisah percintaan dua insan, film ini tetap masuk dalam film perang terbaik sepanjang masa. Hal ini lantaran “Hiroshima Mon Amour” menampilkan alur cerita yang epik dengan latar peperangan tragis yang dijamin membuat penonton terhanyut.

Baca Juga  Pala, Run Dan Manhattan

5. The Bridge on the River Kwai

The Bridge on the River Kwai

Satu lagi film perang terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Meski jadul banget, namun kualitas “The Bridge on the River Kwai” yang rilis tahun 1957 ini terbukti lewat tujuh penghargaan Oscar.

Film “The Bridge on the River Kwai” ini bercerita tentang proyek pembangunan jembatan untuk jalur kereta api yang dijalankan oleh Kolonel Nicholson (diperankan oleh Alec Guinness) di era Perang Dunia II. Proyek ini kemudian berubah menjadi obsesi Nicholson yang menimbulkan konflik besar.

6. The Hurt Locker

The Hurt Locker

Bosan dengan film perang berlatar Perang Dunia I maupun II? Jika iya, maka kamu bisa memilih menyaksikan film tentang peristiwa Perang Irak yang satu ini.

“The Hurt Locker” menceritakan tentang seorang Sersan bernama William James yang ditugaskan melatih tim penjinak bom selama masa Perang Irak. William rupanya terganggu dalam pengerjaan tugas ini akibat ideologinya sendiri. Gejolak tersebut menimbulkan konflik dengan tim dan bawahannya.

“The Hurt Locker” menjadi film perang karya sutradara perempuan pertama yang mendapat penghargaan Oscar kategori Best Director, lho!

7. The Thin Red Line

The Thin Red Line

Hampir sama seperti film perang terbaik sepanjang masa lainnya, “The Thin Red Line” juga mengangkat peristiwa Perang Dunia II sebagai latar waktu. Bedanya, sutradara Terrence Malick mengambil setting tempat di pulau kecil di Samudera Pasifik, yakni Guadalcanal.

“The Thin Red Line” mengisahkan sekelompok prajurit menghadapi peperangan sengit, hingga mengerahkan segala cara untuk bertahan. Ketika peluang menang atas perang semakin menipis, mereka berharap sambil tetap berperang semampunya.

Baca Juga  Ini Kronologi Dugaan Penistaan Agama dan Penghinaan Nabi di Falabisahaya

Film yang dirilis tahun 1998 ini menampilkan aktor Jim Caviezel, Sean Penn, Nick Nolte, serta George Clooney.

8. Patton

Patton

“Patton” adalah adalah film biografi Jenderal George Smith Patton yang merupakan pemimpin pasukan AS dalam Perang Dunia II di daratan Mediterania.

Film ini menceritakan tentang perjalanan karir kemiliteran Jenderal Patton, mulai dari kegiatan militer, prestasi, hingga pemindahan tugas setelah Jenderal Patton mengkritik strategi militer AS pasca-perang. Beberapa bagian dari film ini juga dinilai sebagian kalangan sebagai hal yang kontroversial.

Kendati demikian, “Patton” layak disebut film perang terbaik karena berhasil mendapatkan tujuh penghargaan Oscar.

9. Platoon

Platoon

Tak melulu Perang Dunia, film perang yang mengangkat cerita tentang Perang Vietnam juga menarik untuk ditonton. Skenario “Platoon” ditulis oleh Oliver Stone berdasar pengalamannya sendiri di Vietnam.

Soal kualitas, tak usah diragukan lagi. “Platoon” bahkan meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Pictures, Best Sound Mixing, Best Director, dan Best Film Editing. Namun perlu dicatat, sebagian adegan di film ini terbilang sadis dan blak-blakan.

10. Schindler’s List

Schindler’s List

Diangkat dari kisah nyata, “Schindler’s List” akan membawamu pada cerita yang menyentuh dan penuh perjuangan. Film perang ini mengambil sudut pandang bisnis, dimana seorang pebisnis Jerman berusaha menyelamatkan ribuan orang Yahudi saat masa Perang Dunia II. Ribuan orang itu kemudian dipekerjakan di pabriknya.

Film yang disutradarai Steven Spielberg ini meraih tujuh penghargaan Oscar, tujuh penghargaan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), dan tiga penghargaan Golden Globes. Bukan hanya itu, “Schindler’s List” juga masuk ke daftar 100 film Amerika terbaik sepanjang masa oleh American Film Institute. (red/rtm/wk)