4 bulan, TPID Provinsi Maluku berhasil tekan inflasi

oleh -50 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Dilakukannya 8 langkah antisipatif tadi dalam periode 2018 hingga 2019, ternyata berhasil memberikan dampak pengendalian inflasi yang cukup bagus bagi Kota Ambon dan Kota Tual.

Hal ini terungkap dalam keterangan Kepala Disperindag Maluku, Elvis Pattiselano, saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku, yang digelar di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (30/4).

Rakor TPID Provinsi Maluku ini dibuka oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, serta dihadiri Sekretaris Provinsi Maluku, Hamin bin Thahir, pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi, Kepala Divre Bulog Divisi Regional (Divre) Maluku, Arif Mandu, serta Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga pada Kementerian Perdagangan RI, Suhanto.

Baca Juga  Negeri Rutong dan Negeri Amahusu Raih Trophy Proklim Utama Tahun 2021 dari KLHK

Rakor TPID ini juga menghadirkan beberapa Kepala Daerah bersama Kepala Disperindag dari 11 kabupaten/kota se-Maluku.

Menurutnya, kedelapan langkah dimaksud memberikan dampak yang baik, dimana, Kota Ambon mengalami penurunan.

Dijelaskannya, sejak Desember 2018, inflasi di Kota Ambon sebesar 1,20%, turun menjadi 0,48% pada bulan Januari 2019.

Nominal ini juga menurun pada bulan Februari sebesar 0,15%, namun meningkat pada bulan Maret sebesar 0,86%.

Selain itu, jelasnya, inflasi di Kota Tual juga mengalami penurunan yakni pada bulan Desember 2018 sebesar 0,52%  dan menurun menjadi -0,87 pada bulan Januari 2019.

Sementara, tambahnya, pada bulan Februari melonjak naik menjadi 2,98%, namun menurun lagi pada bulan Maret sebesar -3,03%. (keket)