Prambanan Jazz Festival 2020 Digelar Online Selama Dua Hari

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Ajang tahunan Prambanan Jazz Festival 2020 tetap akan berlangsung. Bedanya, Prambanan Jazz Festival tahun ini akan diselenggarakan secara online dari halaman komplek Candi Prambanan pada 31 Oktober dan 1 November 2020 mendatang. 

Sebelumnya, pihak promotor Prambanan Jazz Festival 2020 memang mengagendakan perhelatan konser musik tahunan itu secara terbatas. Namun, meningkatnya jumlah korban pandemi Covid-19 membuat izin hanya bisa diberikan untuk konser online.

“Semakin meningkatnya pandemi Corona ini membuat keprihatinan. Apalagi dengan terus melonjaknya angka kasus Covid-19. Namun kami ingin tetap menghadirkan Prambanan Jazz Festival 2020 di tengah keterbatasan. Dengan berat kami sampaikan kepada #PJFLovers bahwa PJF 2020 akan berlangsung secara online,” ujar Co-Founder Prambanan Jazz Festival, Bakkar Wibowo saat jumpa pers secara virtual, Kamis (1/10/2020).

Bersyukur

Anas Syahrul Alimi PerbesarAnas Syahrul Alimi saat jumpa pers Prambanan Jazz Festival 2019 di Pelataran Candi Prambanan

Link Banner

Pihak promotor PJF 2020 memang sudah berusaha dengan keras agar event ini bisa berlangsung dengan penonton. Namun, akhirnya hal itu tidak bisa dipaksakan karena izin yang diberikan. 

“Kami bersykur, usaha keras kami akhirnya bisa membuat Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara,” ujar Anas Syahrul Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival.

Baca Juga  Ini Program yang Dijanjikan Asrul Rasyid Ichsan, Calon Bupati Halmahera Selatan

Anas mengungkapkan situasi yang dihadapi saat ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Pandemi Covid-19 telah mengubah hampir seluruh lini kehidupan, tak terkecuali pelaku dan pekerja seni pertunjukan, seperti Prambanan Jazz Festival. 

Spesial

Rida Sita Dewi di Prambanan Jazz Festival 2019 (Bambang E Ros/Fimela.com)

Tahun 2020 menjadi tahun yang spesial. Harapan baru dan pengalaman baru menjadi tagline yang disematkan pada Prambanan Jazz Festival tahun ini. Harapan yang baik untuk semua yang terlibat di dalam industri ini. Mereka yang berada di balik layar (kru), di depan layar (artis), penikmat musik (penonton) dan stake-holder yang terlibat yang selalu bekerja sepenuh hati, tahun ini memiliki tantangan untuk terus maju bertransformasi terhadap keadaan.  

Dengan saling bekerjasama mewujudkan cita-cita dan komitmen untuk membuat serta menampilkan karya-karya anak bangsa.  Anas tidak lupa berterima kasih kepada semua pecinta musik festival yang tetap memberikan dukungan kepada Prambanan Jazz Festival di tengah keterbatasan. 

Sementara itu, PJF 2020 juga akan menjadi kolaborasi pertama dengan musisi Tompi secara teknis. Tompi akan membuat visual broadcastingnya. 

Bintang Tamu

Untuk bintang tamunya, sederet musisi ternama tanah air akan tampil dalam Prambanan Jazz Virtual Festival 2020. Pada hari pertama, Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 akan menghadirkan Tulus, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Joko In Berlin, Pusakata, dan Tompi  

Baca Juga  Depresi, seorang pria di Tual ditemukan gantung diri

Sementara, pada hari kedua, Andmesh, Ardhito Pramono, TheEverydayBand, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen, dan Yura Yunita menjadi penampil perhelatan musik bergengsi ini. Para musisi akan membawakan lagu-lagu mereka dalam jazz version. 

Musisi Lokal

Direktur Utama Rajawali Indonesia Tovic Raharja menuturkan dalam Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 ini, untuk pertama kalinya PJF menggandeng musisi asal Yogyakarta yang tergabung dalam TheEverydayBand untuk mengaransemen dan membuat lirik lagu “Ke Prambanan Jazz Lagi” sebagai lagu tema.  

“Ini jadi upaya untuk terus mempromosikan Yogyakarta dan sebuah harapan untuk bisa menyaksikan Prambanan Jazz kembali secara langsung nantinya,” tuturnya. 

Tiket

Dalam Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 banyak yang akan berbeda, tidak ada musisi atau artis dari luar negeri. Di Candi Prambanan hanya akan ada kru yang bertugas dan musisi atau artis yang akan dihadirkan di venue secara bergantian sesuai rundown. Tujuannya supaya tidak menimbulkan kerumunan.  

Pelaksanaan acara akan dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Penampil dan kru akan melakukan rapid test terlebih dulu sebelum acara dan selama pelaksanaan acara dipastikan protokol kesehatan berjalan ketat, seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, memakai masker dan face shield, serta tidak berkerumun atau tetap menjaga jarak. 

Baca Juga  Dibobol Maling, 1 buah Laptop Dinas Koperasi SBB Raib

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 dapat disaksikan melalui platform digital iKonser; Channel iKonser UseeTV (channel 459 SD | 949 HD), iKonser Apps dan UseeTV Go 

Tiket Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 bisa dibeli secara online di www.tiketapasaja.com dan offline di Silol Kopi & Eatery, Jl. Suroto 7, Kotabaru, Yogyakarta dengan rincian harga Saturday Pass Rp 50.000 atau Saturday Pass + Official merchandise PJF (T-Shirt) Rp 100.000 serta Sunday Pass Rp 50.000 atau Sunday Pass + Official merchandise PJF (T-Shirt) Rp 100.000. 

Refund

Menindaklanjuti perubahan tersebut, penyelenggara juga memberikan kemudahan bagi pemilik tiket Prambanan Jazz Festival 2020 yang sudah membeli tiket dengan memberikan pilihan refund dan non-refund.  

Bagi pemilik tiket yang memilih untuk non-refund, maka tiket berlaku untuk menyaksikan Prambanan Jazz Festival 2021 yang rencananya akan digelar pada 2 sampai 4 Juli 2021 serta berkesempatan mendapatkan official t-shirt merchandise Prambanan Jazz Festival secara gratis. (red/liputan6)