5 Adegan yang Selalui Kita Temui di Film tentang Bencana Alam

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Film-film tentang bencana alam, seperti karya-karya populer lainnya, pasti memilki banyak adegan khas yang sudah familiar di mata para penonton. Formula-formula yang sudah familiar ini nyatanya masih terbukti sukses di pasaran meski bisa dibilang sebagai satu hal yang klise.

Hal ini terlihat dari masih larisnya film-film bertema bencana alam. Film-film seperti 2012, The Day After Tomorrow, dan Poseidon masih begitu laris di pasaran. Fenomena ini membuktikan bahwa para penonton tidak pernah mempermasalahkan adegan-adegan yang terus diulang dalam film sejenis.

Berikut 5 adegan yang pasti bisa ditemukan di film-film bencana alam:

1. Gelas di meja sebagai pertanda

5 Adegan yang Selalui Kita Temui di Film tentang Bencana Alamgodthang.com

Dalam film bencana alam, gelas yang ditaruh di atas meja biasanya menjadi sebuah pertanda. Kamera akan langsung menyorot ke gelas berisi air yang tengah begoyang-goyang. Biasanya, penanda seperti ini sangatlah akurat. Bencana akan langsung datang setelah gelas tersebut bergerak karena getaran di sekitar.

Baca Juga  Angelina Jolie Siapkan Film Biopik Tentang Pewarta Foto Don McCullin

2. Ilmuwan atau orang awam yang diabaikan

5 Adegan yang Selalui Kita Temui di Film tentang Bencana Alamimdb.com

Peringatan akan terjadinya bencana sebenarnya sudah ada sejak jauh-jauh hari. Biasanya, peringatan ini disampaikan oleh seorang ilmuwan atau orang awam yang sudah hafal tanda-tanda akan terjadinya bencana alam.

Akan tetapi, dalam film bencana, pemerintah setempat biasanya mengabaikan peringatan ini. Mereka menganggap tanda-tanda yang muncul masih minor sehingga para penduduk tidak perlu khawatir. Semua akhirnya sudah terlambat saat bencana akhirnya datang dan pemerintah tidak bereaksi dengan cepat.

3. Stasiun TV langsung ramai-ramai menyiarkan soal bencana

5 Adegan yang Selalui Kita Temui di Film tentang Bencana Alamimdb.com

Yang menarik, saat bencana sudah terjadi, stasiun-stasiun televisi di film-film sejenis masih aktif beroperasi. Mereka senantiasa menyiarkan kabar terbaru dari bencana yang tengah terjadi, sebesar apapun itu.

Baca Juga  Diduga Over Dosis, Seorang Pria Ditemukan Tewas di Kamar Penginapan

Beberapa orang pun masih ada yang menyaksikan siaran berita soal bencana ini. Biasanya, mereka menyaksikan saat kabur menyelamatkan diri dari rumah dan melihat toko elektronik menyiarkan berita ini lewat televisi yang ada.

4. Orang-orang bingung dan berlarian

5 Adegan yang Selalui Kita Temui di Film tentang Bencana Alamimdb.com

Adegan ini wajib ada di film-film bertema bencana alam. Saat bencana akhirnya datang, apapun jenisnya, orang-orang akan langsung berhamburan keluar dan beralri tidak tentu arah. Mereka terkadang bahkan menabrak satu sama lain karena terburu-buru saat berlari.

Yang menarik, biasanya tokoh utama film justru berlari berlawanan arah untuk melihat bencana yang akan datang. Setelah berhasil melihat kondisinya, mereka berbalik arah dan ikut berlari bersama orang-orang lainnya.

Baca Juga  Bale ke Tottenham, Asensio dan Vinicius Berebut No.11

5. Tokoh utama selalu bertemu keluarga di akhir film

5 Adegan yang Selalui Kita Temui di Film tentang Bencana Alamimdb.com

Biasanya, tokoh utama dalam film bencana akan terpisah dengan keluarganya saat mereka mencoba menyelamatkan diri. Namun mereka akhirnya bertemu di akhir film dalam keadaan yang masih utuh meski bencana yang hebat baru saja menyerang.

Jika tokoh utama ternyata belum memiliki keluarga, ia akan digambarkan berpisah dengan sang kekasih. Seperti plot di atas, keduanya pun nantinya akan bertemu kembali saat bencana sudah mereda di akhir film.

Itu tadi adegan-adegan yang biasa ada di film bencana alam. Familiar banget, kan?

(red/idntimes)