5 Amalan yang Bisa Membuat Rumah Menjadi Surga Dunia

oleh -18 views
Foto: Ciri Keluarga Sakina Mawadah Warahmah (Foto: Orami Photo Stock)

Setiap keluarga muslim harus melindungi rumah agar selalu menjadi surga dunia. Lalu bagaimana mewujudkan konsep rumah surga atau baiti jannati ini?

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah” (HR. Muslim).

Maksud dari hadis ini ialah meramaikan rumah bukanlah dengan hal- hal yang tidak baik, namun ramaikanlah isi rumah dengan lantunan ayat- ayat suci Al-Quran. Rumah yang tak terdengar ayat suci Al-Quran layaknya kuburan. Ini adalah salah satu kebiasaan yang dapat membentuk konsep baiti jannati.

Selain hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat membangun konsep baiti jannati ini dan dijauhkan dari gangguan setan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara membentengi rumah ini:

Baca Juga  Nekat! Minta Direstui, Pelajar di Semarang Kirim Video Intim Bareng Pacar ke Ortu Pacar

1. Membiasakan mengucap salam dan berzikir saat masuk rumah

Allah Ta’ala berfirman,

“…….Apabila kalian masuk ke rumah-rumah maka ucapkanlah salam (kepada penghuninya) kepada diri-diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik…..” (QS. An Nur: 61).

Menurut Imam An Nawawi, seorang hendaknya membaca basmalah, mengucapkan salam, dan membaca dzikir kepada Allah saat memasuki rumah mereka, ataupun rumah orang lain. Hal tersebut juga dilakukan meski rumah tengah kosong atau tak ada penghuni saat memasukinya. Rasulullah bersabda, “Ada tiga golongan yang mereka berada dalam jaminan (penjagaan) Allah…. (Ketiga) yakni seseorang masuk ke rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia berada dalam jaminan Allah,” (HR. Abu Dawud).

No More Posts Available.

No more pages to load.