5 Cara Merawat Kuku Biar Tetap Kuat, Mulus dan Berkilau

oleh -12 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kuku merupakan salah satu bagian yang membuat wanita terlihat cantik dan menawan. Oleh sebab itu, tak heran jika wanita rela mengeluarkan uangnya untuk merawat kuku agar kuat, mulus dan juga berkilau. Mulai dari manicure, pedicure, nail polish, nail art, spa kuku dan banyak lagi lainnya.

Selain berbagai perawatan tersebut, beautynesia.id telah merangkum 6 cara merawat kuku agar tetap kuat, mulus dan juga berkilau:

Pakai Cuticle Oil dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun
Minyak zaitun/pexels.com

Cuticle oil adalah produk yang bermanfaat untuk merawat kutikula. Kutikula ialah lapisan tipis kulit mati yang terdapat di pangkal kuku. Lapisan ini berfungsi untuk menghalangi bakteri berbahaya masuk di kuku. Karena fungsinya yang penting, setiap orang harus memperhatikan kesehatan kutikula salah satunya dengan mengaplikasikan cuticle oil.

Baca Juga  Soal Gemuruh yang Jadi Momok, BNPB Ajak Peneliti LIPI dan Tokoh Agama Redam Keresahan Warga

Cuticle oil bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kutikula. Selain cuticle oil, kamu juga dianjurkan memakai minyak zaitun. Kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada kutikula dan kuku guna membuat kuku selalu berkilau, kuat dan juga mulus.

Istirahatkan Kuku dari Nail Polish

Nail polish
Nail polish/pexels.com

Siapa nih yang sering menggunakan nail polish? Nail polish atau kutek memang termasuk bahan untuk mempercantik kuku yang sering digunakan wanita. Ada 3 bahan kutek yang perlu diwaspadai, yakni formaldehida toluena dan phthalates. Sebab zat tersebut bisa menyebabkan iritasi pada mata, tenggorokan dan juga paru-paru.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan kutek. Pakailah sewajarnya, apabila ada acara-acara spesial saja. Selepas itu, biarkan kuku beristirahat dan cantik alami. Jika memang terpaksa menggunakan kutek dalam waktu lama, pilihlah bahan yang aman dan jauhkan kutek dari kontak mata dan hidung saat mengeringkannya.

Baca Juga  Cerita Jenderal Doni Monardo dan Rombongan Selamat dari Kecelakaan Helikopter

Pakai Nail Strengthener

Kuku
Kuku/pexels.com

Nail strengthener adalah produk perawatan kuku yang bermanfaat untuk memperkuat kuku yang rapuh dan mudah patah. Hal ini bisa terjadi karena terlalu sering menggunakan kutek dan manicure gel tanpa jeda. Cara penggunaannya cukup simpel, kamu bisa mengaplikasikannya pada kuku yang bersih dan gunakan rutin selama 2-3 minggu.

Potong Kuku dengan Teratur

Potong kuku
Potong kuku/pexels.com

Kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan kuku adalah dengan memotong kuku secara teratur. Hal ini penting sebab bisa menghindari masuknya kotoran dan debu pada kuku. Jika kuku kotor atau hitam, kuku jadi tidak indah dan bisa menjadi sarang jamur dan bakteri.  

Rajin memotong kuku juga bisa membuat kuku lebih kuat dan tidak mudah patah. Selain itu bisa menjaga sistem pencernaan karena meminimalisir berkembangnya kuman di kuku.

Baca Juga  Gustu Covid-19 Maluku Evaluasi Satu Pekan PSBR

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi
Makanan bergizi/pexels.com

Terakhir, jaga kesehatan kuku dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bagus untuk kesehatan kuku. Buah-buahan yang bagus untuk menjaga kesehatan kuku ialah kiwi, pisang, blueberry dan anggur. Selain itu, sayuran juga bisa menjaga kuku agar tidak melengkung, spesifiknya adalah sayur brokoli dan bayam. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi aneka biji-bijian, telur, daging dan juga kacang-kacangan.

Itulah 5 cara merawat dan menjaga kesehatan kuku agar tetap sehat, mulus dan juga berkilau. Selamat mencoba ladies!

(red/beautynesia)