5 Film Biopik Presiden Amerika Serikat Paling Akurat, Apik!

oleh -7 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebagai negara adi daya, Amerika Serikat memiliki sejarah yang sangat panjang dan sangat berpengaruh untuk dunia. Tidak mengherankan jika kisah tentang Presiden mereka cukup sering diangkat ke layar lebar. Bukan karena sejarah besar yang mereka ciptakan ataupun respon skandal besar pernah terjadi. 

Dari sekian banyak film yang mengambil tema ini, berikut ini lima film biopik terbaik Presiden Amerika Serikat yang memiliki akurasi sejarah dengan tepat.

1. All The President’s Men (1976)

All the President’s Men adalah satu dari banyak film tentang mantan Presiden Richard Nixon, tetapi yang ini berfokus pada dua reporter yang memecahkan kisah kejahatan Nixon, yaitu skandal Watergate dan mengungkapnya ke publik.

Sementara beberapa film tentang Presiden AS tentang mendramatisir peristiwa, film ini lebih menarik karena mengedepankan realisme di atas segalanya. Film ini bahkan dipelajari hingga hari ini untuk calon jurnalis di perguruan tinggi.

William Goldman menulis naskah berdasarkan buku oleh reporter Bob Woodward, dan itu adalah salah satu representasi Watergate yang paling akurat dalam sejarah.

Baca Juga  Klopp Jadikan Derby Merseyside Simbol Persatuan Liverpool

2. Lincoln (2012)

Film biopik tentang Presiden ke-16 Amerika ini dibintangi oleh Daniel Day-Lewis dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini menggambarkan perjuangan Presiden Abraham Lincoln untuk mengakhiri Perang Saudara yang terus berkecamuk dan memakan banyak korban.

Di sisi lain, dia pun harus bertarung dengan banyak orang di dalam kabinetnya sendiri tentang keputusannya untuk mengakhiri perbudakan di Amerika Serikat. Film ini sendiri sukses membawa pulang dua Piala Oscar, yaitu Aktor Utama Terbaik dan Desain Produksi Terbaik.

3. Frost/Nixon (2008)

Ron Howard menyutradarai film Frost / Nixon, sebuah film berdasarkan stage play dengan judul yang sama. Michael Sheen berperan sebagai tokoh televisi Inggris David Frost, pria yang melakukan wawancara dengan Richard Nixon (Frank Langella) setelah dia mengundurkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pasa skandal Watergate. Wawancara itu sendiri sangat akurat, karena ini pernah ditayangkan di televisi.

Baca Juga  6 Gunung di Indonesia Erupsi Bersamaan, Termasuk Dokuno dan Gunung Ibu

4. Thirteen Days (2000)

Thirteen Days menceritakan kisah Krisis Rudal Kuba pada tahun 1962. Dalam film tersebut, Bruce Greenwood berperan sebagai John F. Kennedy, sedangkan Steven Culp tampil sebagai adik laki-lakinya Robert F. Kennedy.

Kevin Costner adalah bintang utama, berperan sebagai asisten top Gedung Putih Kenneth P. O’Donnell ketika pemerintah AS harus memutuskan bagaimana menangani krisis. Filmnya sendiri sangat akurat, termasuk menambahkan informasi yang sempat dirahasiakan, tetapi menjadikan O’Donnell tokoh kuncinya adalah murni fiksi.

5. The Butler (2013)

Lee Daniels menyutradarai The Butler pada 2013, berdasarkan kisah kehidupan nyata Eugene Allen, yang bekerja di Gedung Putih selama beberapa dekade. Yang membuat film ini sangat menarik adalah film ini menampilkan beberapa presiden yang pernah bekerja di bawah Allen sepanjang kariernya sebagai kepala pelayan.

Baca Juga  Songsong Hari Bhayangkara Ke-74, Kapolda Maluku Berikan Buket Bunga kepada Mantan Kapolda

Robin Williams adalah Dwight D. Eisenhower, James Marsden adalah John F. Kennedy, Liev Schreiber adalah Lyndon B. Johnson, John Cusack adalah Richard Nixon, dan Alan Rickman adalah Ronald Reagan. Film ini menampilkan beberapa isu seperti gerakan hak-hak sipil, Vietnam, dan peristiwa besar lainnya memengaruhi kehidupan, keluarga, dan masyarakat Amerika Allen sendiri.

Itulah lima film biopik tentang beberapa Presiden Amerika Serikat yang paling akurat dengan sejarah. Lewat deretan film tersebut, kita disajikan pandangan lebih dekat tentang hal-hal yang mungkin tak pernah kita sadari. Jika kamu pecinta sejarah, itu semua layak masuk dalam list nontonmu.

(red/IDNtimes)