5 Film Keren yang Terinspirasi oleh Mitologi Yunani, Wajib Ditonton!

oleh -6 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Mungkin sedikit klise untuk membandingkan film-film modern dengan mitologi dunia kuno, meski keduanya bisa digunakan sebagai media “bercerita” lintas generasi. Untuk memperjelas, artikel ini tidak akan membahas film yang benar-benar mengadaptasi mitologi Yunani kuno seperti Clash of the TitansJason atau Argonauts.

Sebaliknya, film-film di bawah ini hanya meminjam beberapa kisah dari mitologi Yunani dan memadukannya dengan latar modern. Berikut lima film keren yang terinspirasi oleh mitologi Yunani kuno.

1. 2001: A Space Odyssey (1968)

Kalian pasti tidak asing ketika mendengar kata “Odyssey” bukan? The Odyssey sendiri adalah salah satu dari dua epos Yunani yang ditulis oleh Homer. Dan seperti yang kita ketahui, film arahan Stanley Kubrick ini telah melahirkan banyak teori liar.

Salah satunya menyebutkan kalau HAL 9000 (antagonis dalam film ini) adalah sosok Cyclops yang dibunuh oleh Odysseus. Beberapa kritikus pun menyamakan “pembunuhan” tersebut dengan penonaktifan HAL yang dilakukan oleh Bowman di akhir film. Teori ini mungkin cukup liar, meski terdengar sedikit masuk akal.

2. The Warriors (1979) 

Kalian mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa film gangster yang diadaptasi menjadi video game ini terinspirasi oleh mitologi Yunani? Faktanya, The Warriors terinspirasi oleh cerita Yunani kuno yang ditulis oleh Xenophon, Anabasis.

Cerita aslinya mengisahkan Cyrus, seorang pangeran Persia dan legiun Yunaninya. Sedangkan di dalam The Warriors, sosok Cyrus “terlahir” kembali sebagai pemimpin geng yang dihormati, yang berambisi untuk menyatukan semua geng di kota New York.

Baca Juga  Longboat Dari Pulau Buru Gemparkan Warga Sulabesi Timur

Cerita Anabasis sendiri berakhir di tepi Laut Hitam, tepatnya di Kota Trabzon. Sedangkan film The Warriors berakhir di tepi Pulau Coney, New York. Sama seperti AnabasisThe Warriors juga menceritakan sebuah kisah abadi tentang sekelompok pria yang selalu bertempur (secara harfiah, prajurit) untuk mengatasi berbagai rintangan yang mereka hadapi.

3. O Brother, Where Art Thou? (2000) 

Meskipun dianggap sebagai film terburuk Coen bersaudara, O Brother, Where Art Thou? berhasil memberikan perspektif yang menarik tentang The Odyssey. Berlatar pada masa Depresi Hebat, film ini menceritakan Ulysses McGill (George Clooney) sebagai penggambaran dari sosok Odysseus yang optimis namun naif.Lanjutkan membaca artikel di bawah

Sama seperti The Odyssey, dan film Coen bersaudara lainnya, film ini lebih berfokus pada perjalanan daripada tujuannya. Dugaan ini semakin diperkuat dengan kemunculan nama Homer di kredit pembuka. Secara keseluruhan, film ini cukup ringan dan menghibur untuk ditonton pada waktu senggang.

Baca Juga  Pangdam Pattimura Vicon Dengan Kepala BNPB Terkait Evaluasi Pelaksanaan PSBB

4. Phantom Thread (2017) 

Mitos Pygmalion, seorang seniman yang dapat “menghidupkan” karyanya, telah diadaptasi ke berbagai macam jenis film sejak satu abad yang lalu. Misalnya saja My Fair LadyPinnochio, dan De Palma’s Obsession.

Tentu saja, mitos ini sangat cocok untuk diangkat ke dalam layar lebar karena pada dasarnya menceritakan sebuah kisah tentang ilusi yang menjadi kenyataan; sebuah batasan yang kabur antara seni dan realita.

Mitos Pygmalion juga bergema dalam film arahan Paul Thomas Anderson ini, yang dibintangi oleh Daniel Day-Lewis yang menjadi seorang desainer perfeksionis, Reynolds Woodcock. Film ini berfokus pada hubungannya dengan Alma Elson (Vicky Krieps), seorang pelayan yang menjadi sosok muse atau inspirasi baginya.

Dalam Phantom Thread, Anderson menggunakan Mitos Pygmalion untuk membuat kisah hebat tentang obsesi Woodcock yang justru menciptakan ilusi di sekitarnya. Singkat cerita, Phantom Thread adalah pandangan sinis tentang kehidupan seorang seniman.

5. The Lighthouse (2019) 

Selain citra hitam-putihnya yang epik, The Lighthouse karya Robert Eggers juga memiliki klimaks yang, bisa dikatakan, sedikit menganggu. Film ini sangat kental dengan nuansa surealis dan tentunya terinspirasi oleh mitologi Yunani.

Baca Juga  Perppu KPK Tak Akan Keluar, YLBHI: Jokowi Sudah Bersekongkol Jahat dengan Parpol Seperti Orba

Film ini menceritakan dua penjaga mercusuar, Thomas Howard (Robert Pattinson) dan Thomas Wake (Willam Defoe), yang perlahan-lahan kehilangan kesadaran saat sedang berjaga di sebuah pulau terpencil. Pada akhirnya, keduanya terlibat dalam pertarungan emosional untuk mendapatkan dominasi atas lainnya.

Karakter Wake sendiri sangat mirip dengan dewa laut Proteus, di mana adegan terakhir film ini terinspirasi dari kisah Prometheus. Tak hanya itu, film ini juga beresonansi dengan psikoanalisis abad ke-20, di mana tokoh-tokoh seperti Carl Jung menggunakan mitos dan arketipe untuk menavigasi kedalaman jiwa seseorang.

Dalam The Lighthouse, mitologi Yunani dipakai sebagai alat untuk mengeksplorasi nasib kedua karakter di dalamnya, yang tidak hanya bertarung melawan satu sama lain tetapi juga melawan takdir, laut, dunia roh, dan alam bawah sadar mereka.

Nah, itu tadi lima film keren yang terinspirasi oleh mitologi Yunani. Jadi, apakah kalian tertarik untuk menonton semuanya?

(red/IDNtimes)