5 Film Terbaik Bertema Perang Dingin yang Bikin Kamu Melek Sejarah

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Perang Dingin (1947–1991) merupakan salah satu peristiwa paling bersejarah di abad ke-20. Perang ini tidak melibatkan adu kekuatan militer yang saling menghancurkan, melainkan perang psikologi antara dua paham negara adi kuasa saat itu, Amerika Serikat yang berpaham liberal dan Uni Soviet yang berpaham Komunis.

Kedua negara saling menunjukan kebanggaan dan pencapiannya masing-masing kepada dunia, juga menyebarkan propaganda, melakukan spionase satu sama lain. Hal ini menjadi salah satu bagian yang sangat menarik untuk diangkat ke layar lebar baik dalam gaya fiksi ataupun berdasarkan kejadian nyata.

Nah, berikut ini adalah lima film terbaik dengan tema Perang Dingin yang layak untuk kamu tonton.

1. The Death Of Stalin (2017)

Film ini merupakan dark comedy, yang menggambarkan kematian kepala pemerintahan Uni Soviet, Josef Stalin pada tahun 1953. Para politisi, pemimpin, dan aparat yang kemudian saling menjatuhkan demi mendapatkan kekuasaan setelahnya.

Selama penayangannya, film ini cukup mengundang kontroversi. Film ini sempat dilarang di beberapa negara karena dinilai mengandung nilai anti-Soviet dan tidak akurat dengan sejarah.

Baca Juga  Kementerian PANRB: Jabatan Fungsional Tak Buat PNS Bisa Kerja Seenaknya

2. The Tunnel (2001)

Film asal Jerman ini menceritakan kisah seorang perenang profesional yang melarikan diri ke Berlin Barat dengan menggali terowongan di bawah Tembok Berlin. Film ini menjadi lebih dramatis karena dia membawa turut serta keluarganya, serta beberapa orang lainnya yang ingin lari dari Jerman Timur, yang berpaham komunis.

Sebuah rencana kemudian dibuat untuk mengevakuasi tiga puluh orang melalui terowongan yang rumit, meskipun dinas keamanan negara (juga dikenal sebagai Stasi) mengawasi setiap gerakan.

3. Bridge Of Spies (2015)

Drama sejarah Bridge of Spies mengikuti kisah James B. Donovan, seorang pengacara, sekaligus perwira Angkatan Laut yang ditugaskan untuk membebaskan Francis Powers, seorang pilot Amerika yang ditangkap, dari penahanan Soviet melalui negosiasi yang alot dan menegangkan.

Baca Juga  Cegah Abrasi, Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1501 Ternate Tanam Mangrove

Kesepakatan yang dicapai adalah bahwa sebagai ganti Powers, Amerika Serikat akan mengembalikan Rudolf Abel, seorang mata-mata Soviet yang ditangkap dan dikirim ke penjara lima tahun sebelumnya.

4. Cold War (2018)

Film drama asal Polandia yang rilis di 2018, Cold War, adalah kisah cinta pragmatis namun menyentuh antara seorang penyanyi wanita muda dan sutradara pria dari sebuah ansambel musik, dimana dia mengajak sang gadis meninggalkan Polandia bersamanya, membangun kehidupan baru di negara yang jauh dari komunis, yaitu Perancis.

Film ini menerima sebagian ulasan positif dari para kritikus, yang memuji akting, penyutradaraan, gaya, emosi, sinematografi, dan latarnya; film ini juga menerima beberapa penghargaan, terutama tiga nominasi Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Sutradara Terbaik.

Baca Juga  Hasan Bay Klaim Menang Pilwako Ternate 2020

5. The Silent Revolution (2018)

Film asal Jerman ini menceritakan sekelompok anak sekolah yang tumbuh di Jerman Timur selama Perang Dingin, ketika mereka memutuskan untuk meminta dua menit aksi mengheningkan cipta di dalam kelas bagi mereka yang terbunuh selama Pemberontakan Hongaria, setelah mengetahui kebenarannya yang sangat mengerikan dan tragis. Film ini sendiri diangkat berdasarkan kisah nyata, dimana anak muda menjadi salah satu tonggak revolusi di Jerman.

Perang pada hakikatnya tidak akan pernah memberikan kemenangan pada pihak manapun. Melainkan hanya memberikan kehancuran bagi rakyat sipil. Sejarah telah menunjukan hal itu kepada kita semua, dan melalui film, kita bisa memetik makna-makna di balik itu semua.

(red/idntimes)