5 Film Terbaik Bertema Perang Vietnam yang Bikin Menohok, Wajib Nonton!

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Perang Vietnam (1955-1975) merupakan salah satu sejarah kelam dunia tentang bagaimana peperangan begitu menghancurkan. Perang ini sendiri merupakan bagian dari Perang Dingin yang melibatkan dua ideologi besar kala itu, Komunis dan Demokrasi, dan melibatkan banyak pihak, salah satunya Uni  Soviet dan Amerika Serikat.

Perang yang berjalan cukup panjang ini telah menjadi inspirasi lahirnya banyak film besar seperti Platoon, Apocalypse Now, dan The Deer Hunter. Dan masih banyak lagi film terbaik mengambil tema ini. Berikut ulasannya.

1. Da 5 Bloods (2020)  

Film ini mengisahkan empat veteran kulit hitam perang Vietnam, yang kembali ke negara itu dengan misi menemukan jasad mantan pemimpin pasukan mereka, Norman. Tak hanya itu, mereka juga mencari keberadaan peti emas yang sempat mereka kubur di masa lalu.

Selama perjalanan itu, mereka pun saling memperdebatkan pengalaman masa lalu selama pertempuran, suasana politik saat ini, dan dampak abadi dari perang yang mengerikan. Para veteran dimainkan oleh Norm Lewis, Clarke Peters, Delroy Lindo, dan Isiah Whitlock Jr. Sementara mendiang Chadwick Boseman berperan sebagai pemimpin regu, Norman.

2. Journey From The Fall (2007)  

Film ini disutradarai oleh Ham Tran, seorang pria Vietnam dari Saigon yang berimigrasi ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada tahun 1982. Film ini pun berfokus pada sebuah keluarga yang terdampak akibat perang, khususnya setelah pasukan Amerika meninggalkan Saigon pada 30 April 1975.

Baca Juga  Satgas Yonif RK 732/Banau, Tertibkan Protokol Kesehatan di Wilayah Kairatu

Ketika Vietnam Utara menguasai Saigon, penduduk yang berperang melawan totaliter Republik Demokratik Vietnam beresiko dibunuh atau dipenjarakan. Dalam Journey From the Fall, seorang wanita melarikan diri ke Amerika bersama ibu dan putranya sementara suaminya tetap di Vietnam, di mana dia dipaksa untuk menjalani hukuman di sebuah kamp pendidikan ulang.

3. Rescue Dawn (2006)  

Film yang dibintangi oleh Christian Bale ini merupakan film bertema perang Vietnam yang sangat intens. Bercerita tentang Dieter Dengler berkebangsaan Jerman-Amerika, seorang pilot pesawat tempur yang ditembak jatuh dan harus menghabiskan waktunya di kamp penjara Vietnam.

Lewat film yang diangkat dari kisah nyata ini, kita disajikan usaha sang pilot bertahan hidup dari berbagai penderitaan dan siksaan di wilayah, yang menjadi musuh negaranya dalam perang. Termasuk perjalanan epik dirinya melepaskan diri dari penjara.

Baca Juga  DPRD Maluku Bahas Sengketa Lahan Lorong Alaka dengan Para Pihak

4. Coming Home (1978)  

Film yang sangat menyentuh hati ini berfokus pada pengalaman seorang tentara yang kembali ke Amerika dalam kondisi lumpuh. Jon Voight berperan sebagai sang veteran, Luke Martin, yang sakit hati dan trauma dengan pengalamannya selama peperangan di Vietnam.

Jane Fonda berperan sebagai Sally Hyde, seorang sukarelawan di rumah sakit tempat Luke tinggal. Saat Luke terlibat dalam protes anti-perang, Sally, yang suaminya sedang berperang di Vietnam, mulai mempertanyakan dirinya sendiri yang mendukung perang. Selama itu juga, asmara terlarang berkembang di antara keduanya.

5. Hearts And Minds (1974)

Ini merupakan sebuah film dokumenter yang menggambarkan kondisi perang Vietnam dan disutradari oleh Peter Davis. Film ini memberika gambaran kontras pernyataan pemerintah Amerika tentang Perang Vietnam dengan kenyataan yang mengerikan tentang apa yang dialami pasukan dan rakyat Vietnam di lapangan.

Baca Juga  Jerman dikutuk dan Brasil kehilangan fokus

Untuk membuat film ini, Davis memutar cuplikan berita, wawancara dengan pengamat dan saksi. Film ini pun dianugerahi Oscar sebagai Film Dokumenter Terbaik. Uniknya, para kru film menggunakan platform Oscar tuk mengecam para petinggi yang bertanggung jawab atas perang yang tampaknya tidak pernah berakhir itu.

Lewat lima film di atas, kita digambarkan sebuah sejarah kelam yang membentuk dunia ini. Meski peperangan selalu menjadi bagian dari sejarah setiap waktunya, bahkan hingga saat ini,  perang membuktikan selalu memberikan dampak yang menghancurkan. Ekonomi hancur, banyak nyawa tidak berdosa menjadi korban, hingga masalah sosial lainnya.

(red/idntimes)