5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Champions

oleh -74 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Chelsea baru saja meraih gelar Liga Champions setelah mengalahkan Manchester City di partai puncak dengan skor 1-0. Gol Kai Havertz cukup mengantarkan Chelsea meraih trofi Liga Champions yang kedua.

Memang, Liga Champions sendiri merupakan salah satu tolak ukur sebuah klub dapat disebut sebagai klub raksasa atau tidak. Uniknya, terdapat beberapa klub besar yang ternyata belum pernah menjuarai kompetisi Liga Champions.

Meskipun begitu, beberapa klub di antaranya ada yang pernah masuk final kompetisi tersebut. Berikut 5 klub raksasa yang belum pernah menjuarai Liga Champions. 

1. Paris Saint-Germain

5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Championspotret para pemain Paris Saint-Germain(dnaindia.com)

Langkah klub Paris Saint-Germain untuk menjuarai Liga Champions memang harus dihentikan oleh Manchester City di semifinal musim ini. Pada musim sebelumnya, Paris Saint-Germain sebenarnya bisa saja menjuarai Liga Champions asalkan mampu mengalahkan Bayern Munchen di partai puncak. Sayangnya, takdir berkata lain sehingga Bayern Munchen yang menjadi jawara kompetisi tersebut pada musim lalu.

Dalam sejarahnya, Paris Saint-Germain hanya sekali memasuki final Liga Champions, yaitu pada tahun 2020 lalu. Sayangnya, pada musim ini klub tersebut juga kehilangan trofi Ligue 1 setelah LOSC Lille memastikan gelar kompetisi tersebut pada pertandingan terakhir di musim ini.

Baca Juga  Prediksi Spanyol vs Jerman di UEFA Nations League: Demi Tiket Semifinal

2. Arsenal

5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Championspotret skuad Arsenal pada tahun 2006(90min.com)

Harus diakui bahwa Arsenal masih merupakan salah satu klub top asal Inggris walau musim depan mereka dipastikan tidak akan bermain di kompetisi Eropa. Arsenal merupakan salah satu klub yang kerap menjuarai Piala FA dan Premier League dalam sejarahnya.

Klub asal London itu ternyata juga pernah menjadi finalis Liga Champions, yaitu pada tahun 2006 lalu. Sayangnya, Arsenal harus mengakui keunggulan Barcelona dengan skor 2-1 di final Liga Champions 2006.

Partai puncak itu sendiri diselenggarakan di Stade de France, Prancis. Banyak yang percaya Arsenal akan kesulitan untuk menjuarai Liga Champions pada beberapa tahun mendatang jika tak ada perombakan skuad yang signifikan.

Baca Juga: 8 Final Liga Champions yang Mempertemukan Dua Klub dari Satu Negara

3. Atletico Madrid

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Championspotret pemain Atletico Madrid(skysports.com)

Atletico Madrid baru saja menjuarai gelar LaLiga pada musim ini. Klub tersebut berhasil mematahkan dominasi Barcelona dan Real Madrid di kompetisi domestik dalam dua dekade terakhir. Meskipun begitu, klub asal Kota Madrid itu belum pernah menjuarai Liga Champions.

Baca Juga  Tak Hanya Mirip, Kembar Tiga Ini Pilih Jadi Atlet Binaraga

Atletico Madrid sendiri sebenarnya sudah tiga kali masuk final Liga Champions pada tahun 1974, 2014, dan 2016. Sayangnya, di final mereka harus takluk dengan Bayern Munich dan Real Madrid. Real Madrid sendiri berhasil menaklukkan Atletico Madrid di final Liga Champions pada tahun 2014 dan 2016.

4. AS Monaco

5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Championspotret skuad AS Monaco(asmonaco.com)

AS Monaco merupakan salah satu klub raksasa asal negara Prancis. Walaupun dalam beberapa tahun terakhir jarang mendominasi Ligue 1, klub ini dikenal sebagai lumbung pemain akademi berbakat.

Setidaknya terdapat beberapa nama top yang berhasil diorbitkan di AS Monaco seperti Kylian Mbappe dan Bernardo Silva. Dalam sejarahnya, AS Monaco sendiri sebenarnya pernah menjadi finalis Liga Champions, tepatnya pada tahun 2004 lalu.

Sayangnya, AS Monaco harus mengakui keunggulan FC Porto dengan skor telak, yaitu 3-0. Final tersebut merupakan final pertama dan terakhir mereka hingga saat ini.

Baca Juga  Sejumlah Warga Tertimbun Runtuhan Bangunan Akibat Gempa M 6,2 di Majene

5. Manchester City

5 Klub Top Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Champions

Harus diakui bahwa Manchester City merupakan salah satu klub raksasa di Eropa. Untuk pertama kalinya, klub tersebut berhasil masuk ke final Liga Champions pada musim ini setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain di semifinal. Sayangnya, mereka harus mengakui keunggulan Chelsea di partai puncak dengan skor tipis 1-0.

Meskipun belum pernah meraih gelar Liga Champions, banyak yang percaya bahwa klub tersebut tak lama lagi akan berhasil menorehkan sejarah trofi Liga Champions pertamanya di beberapa tahun ke depan asalkan mampu membenahi beberapa posisi, seperti bek kiri dan striker. Juara Premier League dan Carabao Cup musim ini dipastikan akan tampil kembali di Liga Champions musim depan.

Nah, itu dia 5 klub raksasa yang belum pernah menjuarai Liga Champions. Harus diakui bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk memenangkan gelar tersebut. Apakah salah satu klub di atas akan mampu meraih gelar Liga Champions musim depan?

(red/IDNtimes)