5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiri

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Insecure adalah perasaan rendah diri, minder, dan merasa tidak nyaman yang dialami oleh seseorang. Perasaan insecure ini bisa datang dari mana saja termasuk dari circle pertemanan sendiri. Nah, insecure pada teman sendiri ini bisa disebabkan oleh beberapa hal karena ia lebih sukses dari kamu, dari kalangan keluarga yang berada, temanmu lebih pandai, dsb.

Berikut lima tanda kamu sedang insecure dalam circle pertemanan. 

1. Kamu merasa rendah diri dalam lingkaran pertemanan

5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiriunsplash.com/@Blake Wisz

Tanda pertama bahwa kamu sedang insecure dalam lingkaran pertemananmu yaitu suka merasa rendah diri. Kamu merasa tidak punya apa-apa yang bisa dibanggakan dan sering menganggap kamu tidak lebih baik dari orang lain. Pikiran semacam inilah yang bisa membuatmu terjebak oleh situasi yang negatif.

Link Banner

Ya memang apa yang kamu lihat mereka lebih unggul dalam banyak hal, tapi apa kamu tahu bagaimana kehidupan asli mereka. Bisa jadi ia sering menutupi luka dan mengalami masa-masa yang berat dalam hidupnya. Jadi, jangan merasa rendah diri ya. 

Baca Juga  Pilbup, Mahkamah Konstotusi terima putusan KPU Malra

2. Suka menarik diri tidak mau membaur

5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiriunsplash.com/@Denys Nevozhai

Tanda selanjutnya yaitu karena merasa insecure pada circle pertemanan sendiri pada akhirnya kamu memilih menarik diri dan tidak mau membaur dengan mereka. Kamu sudah tidak mau diajak sekedar kumpul atau main bareng

Kamu merasa prioritas temanmu sudah berubah, hingga pada akhirnya kamu menarik diri. Padahal nih namanya berteman pasti bakal disibukkan dengan prioritas masin-masing. Jadi, gak usah insecure selagi lingkaran pertemananmu masih dikelilingi oleh orang-orang yang positif. 

3. Membanding-bandingkan dirimu dengan mereka

5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiriunsplash.com/@Sam Manns

Tanda selanjutnya bahwa kamu sedang insecure dalam circle pertemananmu sendiri adalah senang sekali membandingkan diri kamu dengan temanmu yang lain. Suka membandingkan dengan dia yang lebih sukses, membandingkan diri sendiri dengan mereka yang hidupnya lebih mapan, dll.

Baca Juga  Satu Warga Masohi Berstatus ODP COVID-19 Meninggal di Buton Selatan

Kalau kamu bisa mengambil sisi positif dari pencapaian temanmu tersebut, harusnya bisa membuatmu termotivasi untuk lebih keras lagi dalam berjuang. Oleh karena itu ubah rasa insecure menjadi motivasi diri untuk berkembang. 

4. Suka menyalahkan keadaan dan situasi

5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiriunsplash.com/@Sinitta Leunen

Tanda selanjutnya yaitu kamu suka sekali menyalahkan keadaan dan situasi. Kamu selalu berpikir kenapa ya hidupku gak seperti dia, kenapa aku dilahirkan dengan keadaan yang seperti ini, dan pemikiran yang lainnya. Mulai sekarang berhenti menyalahkan keadaan, karena hanya akan membuang-buang waktumu saja. Kamu tidak mau kan menyesal di kemudian hari? Jadi, jangan suka rendah diri ya. 

5. Merasa gak memiliki peran penting dalam lingkaran pertemanan kalian

5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiripexels.com/@RF._.studio

Baca Juga  KKN-PPM Mahasiswa UKIM Melaksanakan 11 Program di Masyarakat

Tanda terakhir yaitu kamu merasa tidak memiliki peran penting dalam lingkaran pertemananmu. Karena dirimu tertutupi perasaan rendah diri dan minder, kamu jadi merasa gak pantas untuk siapa pun. Padahal itu hanya perasaanmu saja, temanmu yang lain tetap memandangmu sebagai orang yang sama.

Bahkan keberadaanmu menjadi hal yang menyenangkan untuk dinanti. Oleh karena itu selagi circle pertemananmu diisi oleh orang-orang yang suportif kembali lah pada mereka, teman yang selalu ada. 

Gak usah merasa rendah diri dalam lingkaran pertemanan, selagi kawan-kawanmu di dalamnya adalah orang yang bisa mendukung dan menerimamu apa adanya. Jadi buat kamu carilah circle pertemanan yang positif, yang bisa membuatmu terus berkembang jadi lebih baik. 

(red/IDNtimes)