7 Film Terbaik Sepanjang Masa Menurut Sutradara Terkenal Dunia

oleh -20 views
Link Banner

Porostimur.com |Ambon: Sutradara terkenal tidak selalu sibuk dengan pembuatan film. Terkadang mereka juga suka menonton film dan terinspirasi oleh mahakarya yang dibuat oleh rekan-rekannya.

Berikut ini adalah film yang telah ditonton berulang kali oleh Woody Allen, Wes Anderson, Tim Burton, Quentin Tarantino, dan pembuat film lainnya. Penasaran? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Quentin Tarantino (sutradara Pulp Fiction, Inglourious Basterds , Once Upon a Time in Hollywood).

10 Film terbaik sepanjang masa menurut sutradara terkenal
Foto: Crawl / Paramount Picturies

Crawl menjadi film favorit Quentin Tarantino tahun 2019. Dilihat dari rating, penonton biasa tidak begitu menyukai film ini. Namun, sutradara sendiri menguraikan bahwa Crawl “membuatnya terkesan dalam segala hal, dalam hal pembuatan film murni”.

Link Banner

Film ini menceritakan Florida dilanda badai kategori 5. Haley, perenang pemula, tidak bisa menghubungi ayahnya. Merasa khawatir akan terjadi sesuatu yang mengerikan, dia pergi ke rumah keluarga lama mereka di Coral Lake. Di sana dia menemukan ayahnya terluka dan tidak sadarkan diri. Haley mencoba menyeret ayahnya keluar, tapi bertemu dengan buaya besar di jalan.

2. Woody Allen (sutradara film Love and Death, To Rome with Love, dan Café Society)

10 Film terbaik sepanjang masa menurut sutradara terkenal
Foto: Sommaren Med Monika / Svensk Filmindustri

Film dari sutradara Swedia Ingmar Bergman yang dikenal dengan Summer with Monika ini adalah salah satu film favorit Woody Allen. Karakter utamanya, Monika dan Harry, masih sangat muda dan tidak berpengalaman. Kehidupan keduanya berkembang dengan cara yang paling tidak menguntungkan. Sehingga mereka memutuskan untuk melarikan diri dari kenyataan pahit tersebut. 

Sepasang kekasih ini terus menikmati satu sama lain untuk sementara waktu dan bermimpi memiliki masa depan yang bahagia. Tapi begitu Monika dan Harry menghadapi masalah nyata, seperti kehabisan uang dan makanan, perasaan lain seperti kelelahan dan kekecewaan menggantikan cinta, dan itu mengubah hubungan di antara mereka selamanya.

Baca Juga  Alumni 07 dan 010 Galang Dana untuk Korban Banjir Waitina

3. Christopher Nolan (sutradara The Dark Knight, Inception, dan Interstellar).

10 Film terbaik sepanjang masa menurut sutradara terkenal
Foto: First Man / DreamWorks Pictures

Christopher Nolan terkesan oleh film berjudul First Man. Film biografi ceria ini menceritakan tentang penerbangan ke Bulan. Astronot Neil Armstrong yang merupakan orang pertama yang mendarat di permukaan satelit alami Bumi menjadi tokoh utama film tersebut. Ceritanya dilengkapi dengan detail kehidupan keluarga Neil Armstrong dan peristiwa sulit yang harus dia jalani sebelum dia menaklukkan luar angkasa.

4. Tim Burton (sutradara Edward Scissorhands dan Sleepy Hollow).

10 Film terbaik sepanjang masa menurut sutradara terkenal
Foto: Planet of the Apes / 20th Century Fox

Film Planet of the Apes sangat mengesankan Tim Burton sehingga dia memutuskan untuk membuat versinya sendiri dari film ini pada tahun 2001. Film ini menceritakan sebuah pesawat ruang angkasa yang dikirim dari Bumi menabrak planet yang tidak dikenal di masa depan yang jauh. Komandan Taylor dan rekan-rekannya melakukan misi pengintaian dan menghadapi sesuatu yang asing. Karena tidak punya waktu untuk mencari tahu apa yang terjadi di sekitar mereka, para karakter ditangkap oleh monyet yang cerdas, primata berpakaian dan bersenjata.

Baca Juga  Kisah tentang Caligula, sang Kaisar Gila Romawi yang Hidupnya Berakhir dengan Tragis

Taylor, salah satu dari sedikit orang yang berhasil bertahan hidup, lolos dari penangkaran. Tapi kebebasan itu akan mengungkap kebenaran yang menakutkan baginya.

5. Wes Anderson (sutradara Rushmore, Moonrise Kingdom, dan The Grand Budapest Hotel).

10 Film terbaik sepanjang masa menurut sutradara terkenal
Foto: New York Stories / Touchstone Pictures

Wes Anderson memasukkan New York Stories ke dalam daftar film favoritnya. Film antologi ini terdiri dari tiga cerita: Life Lessons, Life Without Zoë, dan Oedipus Wrecks.

Life Lessons oleh Martin Scorsese berkisah tentang seorang seniman yang akan mempresentasikan karyanya di sebuah pameran di New York.

Life Without Zoë oleh Francis Ford Coppola adalah tentang seorang gadis kecil yang kaya dan pertemuannya dengan penjahat serta seorang Putri.

Baca Juga  Aliansi Dan Pemuda Desa Tawa Kembali Demo Desak Bahtiar Hi Hakim Turun Dari Jabatan

Oedipus Wrecks oleh Woody Allen berkisah tentang seorang pria bernama Sheldon dari keluarga Yahudi dan seorang ibu.

6. Steven Soderbergh (sutradara Contagion, Side Effects, dan Unsane).

10 Film terbaik sepanjang masa menurut sutradara terkenal
Foto: Jaws / Universal Pictures

Soderbergh sangat terkesan dengan film Jaws. Dia mengatakan bahwa film itulah yang mengubah sikapnya terhadap sinema dan menginspirasinya untuk menjadi seorang sutradara.

Film ini mengambil latar di Pulau Amity yang penuh dengan hotel tepi laut. Keesokan paginya, kepala polisi Martin Brody dan asistennya menemukan sisa-sisa seorang wanita muda yang diserang dengan ganas oleh hiu putih raksasa di tepi pantai.

Brody memutuskan untuk setuju dengan Walikota pulau dan menutup pantai untuk sementara waktu. Tapi Hari Kemerdekaan akan datang yang berarti akan ada banyak turis, itulah sebabnya Walikota menolak gagasan polisi. Sedangkan hiu tetap menjadi ancaman. Saat itulah Brody dan dua sukarelawan memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri.

7. James Cameron (sutradara Titanic, Avatar, dan The Terminator).

10 Film terbaik sepanjang masa menurut sutradara terkenal
Foto: Resident Evil / Constantin Film

James Cameron menyukai film Resident Evil. Film ini menceritakan seseorang yang mencuri T-virus rahasia dari laboratorium bawah tanah. Virus ini berbahaya karena langsung mengubah orang menjadi zombie. Karakter utama, Alice, harus mengingat kembali apa yang dia lakukan dengan semua ini dan menghentikan penyebaran virus dalam beberapa jam. (red/brilio)