Pemkot Ambon Akan Sulap Kawasan Kumuh di Pantai Wainitu

oleh -63 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan segera merealisasikan proyek penyelesaian kawasan kumuh di Pantai Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Ambon, Rustam Simanjuntak melalui keterangan tertulisnnya yang diterima redaksi porostimur.com, Ahad (29/8/2021).

Simanjutak bilang, pihaknya berencana memulai pengerjaan program dengan melaksanakan peletakan batu pertama untuk konstruksi pembangunan jalan dan sejumlah fasilitas lainnya pada Kamis, 2 September mendatang.

“Akan dibangun akses jalan tembus ke daerah gudang arang, ke arah pasar yang baru dibangun, serta ke areal parkir di islamic center dan christian center, dan dibangun juga area untuk pertunjukan musik dikawasan itu, semuanya dengan pembiayaan multiyears selama dua tahun anggaran.” ungkapnya.

Rustam menjelaskan, proyek penyelesaian kawasan kumuh di Pantai Wainitu ini merupakan proyek Kementrian PUPR yang dibiayai oleh World Bank dan mulai disosialisasikan sejak tahun 2019 silam.

Baca Juga  Batal Tunangan 17 Tahun Lalu, Ben Affleck Siap Lamar JLo Saat Ultah

“Sejauh ini, Pemerintah telah memberikan ganti untung terhadap aset berupa lima bidang tanah dan dua rumah yang terdampak proyek pembangunan penyelesaian kawasan kumuh di Pantai Wainitu,” kata Simanjuntak.

“Ganti untung itu diberikan kepada tujuh Kepala Keluarga (KK) Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon di Balai Kota Ambon, Jumat kemarin,” imbuhnya.

Rustam menambahkan, selain proyek kementerian PUPR, Pemkot Ambon lewat ABPD Tahun Anggaran 2021, juga akan melaksanakan proyek perubahan fasad rumah warga yang ada di kawasan tersebut.

Perubahan fasad rumah menurutnya, dilakukan untuk mengubah arah rumah warga, yang tadinya membelakangi laut, diubah menghadap ke laut agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke laut.

Baca Juga  Polisi Minta Klarifikasi Media Pemuat 'Hoax', Dewan Pers Beri Penjelasan

“Rencananya ada 80 rumah yang akan diubah fasad-nya, tetapi karena situasi pandemik, kita kerjakan secara bertahap, dalam waktu dekat ini 23 rumah akan kita kerjakaan,” pungkasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.