82 Ribu Warga Ambon Sudah Vaksin, Target Herd Immunity Terus Dikejar

oleh -23 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hingga saat ini, tercatat sudah 82 ribu warga Kota Ambon yang menjalani suntikan vaksinasi Covid-19, atau masih sekitar 38 persen.

“Untuk data vaksinisasi real, katong baru rekap sampai empat hari lalu karena itu harus dipisah-pisah. Ada 82 ribu jiwa warga yang sudah tervaksin atau 38 persen,” tandas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ambon Wendy Pelupessy di Balai Kota Ambon, Rabu (21/7/2021).

Pencapaian itu kata dia, setelah terjadi penambahan vaksin 3218 orang melalui serbuan vaksinasi massal yang digagas Kodam XVI/Pattimura dan Bank Artha Graha kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon empat hari terakhir, 16 dan 17 Juli 2021.

“Hari pertama sekitar 1290 orang, hari kedua 1928 divaksin dari serbuan vaksinasi Kodam dan Bank Artha Graha. Jadi dengan tambahan 3218 orang, sudah 82 ribu warga kota vaksin,” jelasnya.

Jumlah 82 ribu diakui Wendy, masih jauh dari target sasaran. Dimana untuk kota Ambon, target sasaran diharapkan 274 ribu lebih orang tervaksin. Target itu naik
karena ada penambahan lagi untuk orang dibawah umur 17 tahun wajib vaksin.

Baca Juga  Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadan Jatuh pada Selasa 13 April 2021

Dengan demikian pihaknya memang harus kerja keras untuk bisa capai target sasaran di bulan Desember, kekebalan tubuh atau herd immunity setiap orang dapat terbentuk agar tidak terpapar Covid-19.

“Artinya lima bulan sisa ini kita akan lebih gencar lagi sosialisasi, edukasi dan ajak masyarakat harus vaksin, yang penting vaksin tersedia. Tapi kita sedikit terkendala karena ada tenaga kesehatan yang juga vaksinator terpapar Covid-19, 150 orang,” pungkasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.