9 Atlet Maluku Ikut Kejurnas Atletik di Semarang dengan Biaya Sendiri

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com, Semarang – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2022 bakal digelar mulai Sabtu 6 Agustus di Gelanggang Olahraga Tri Lomba Juang Kota Semarang, Jawa Tengah.

Para atlet dari berbagai provinsi hari ini sudah pada berdatangan dan mencoba lintasan atletik untuk beradaptasi.

Di antara yang tampak berlatih adalah sejumlah atlet dari kontingen Provinsi Maluku. Mereka didampingi pelatih Leonardo Tumena. 

Leonardo mengatakan, ada 9 atlet dari klub yang ia latih, akan mewakili Maluku dalam kejurnas tersebut.

Tapi meski mewakili provinsi, tapi mereka datang ke Semarang tanpa dukungan biaya dari pemerintah daerah setempat.

Seluruh biaya dari transportasi pesawat, akomodasi hotel, makanan, obat-obatan, dan lain-lain semua didanai klub dan atas kebaikan bapa raja atau kepala desa tempat klub atletik itu berada.

Baca Juga  Ylona Garcia Ingin Ramaikan Musim Panas Dengan Single Barunya, ‘Vibin’ 

“Jadi ini itu dari klub, dibiayai klub, untuk Maluku, hahahaha…. dan dibantu oleh paparaja atau kepala desa kami yang memang suka olahraga. Dari pemerintah daerah dukungan tidak ada,” ungkap Leo Tumewa.

Ia menambahkan, ia tak mau terlalu berharap bantuan biaya dari provinsi, karena kalau nunggu-nunggu dari provinsi tidak bisa jalan.

“Saya benar-benar usaha. Sampai ke situ saya nggak mau tahu. Karena kalau mengharap nunggu biaya dari provinsi nggak bakalan bisa bertanding dan nggak jalan-jalan. Dibilang katanya nggak layak dan lain-lain. Banyak kepentingan di situ. Nggak perlu saya ceritakan. Intinya banyak persaingan di situ,” jelasnya.

Yang pasti, lanjutnya, ia ingin anah asuhnya ini punya kesempatan berkompetisi sehingga bisa meningkatkan kemampuan mereka, mengukur kemampuan mereka, menambah pengalaman, juga melatih mental bertanding.

Baca Juga  Keluarga Muslim Tewas Diserang, PM Kanada: Islamofobia Tak Punya Tempat!

“Kita bawa sembilan atlet, mereka ada yang dari remaja, yunior, dan senior. Semuanya akan tampil di nomor lari jarak pendek dan menengah. Kita ingin mereka kita kasih pengalaman bertanding di sini, apa pun kita usahakan bagaimana caranya, nggak perlu nunggu-nunggu,” tegasnya.

Sebagai informasi, Kejurnas Atletik 2022 akan digelar di Kota Semarang dari tanggal 6 sampai 11 Agustus 2022. Sebanyak 1.200 lebih atlet dari seluruh Indonesia akan ikut ambil bagian.

Kejurnas ini kembali digelar setelah dua tahun vacum karena pandemi. Selain itu, even ini untuk pertama kalinya digelar di daerah setelah 40 tahun lebih selalu digelar di Jakarta.

(red/viva/tvone)