99 Peserta Ikut Seleksi Calon Petugas Haji di Maluku

oleh -37 views

Porostimur.com, Ambon – Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) hari ini disibukkan dengan Pelaksanaan seleksi CAT (Computer Asisted Test) bagi calon peserta seleksi Petugas Haji 1445 H/2024 M.

Seleksi ini dilaksanakan untuk menyaring Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 2024. Seleksi ini dilaksanakan secara serentak di Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kabupaten dan kota se-Indonesia dan digelar secara daring, Sabtu (23/12/2023). 

Untuk Provinsi Maluku peserta tes calon peserta petugas haji berjumlah 99 orang dengan rincian Kanwil Kemenag Provinsi Maluku 13 Peserta, Kota Ambon 14 Peserta, Maluku Tengah 14 Peserta, Kota Tual 7 Peserta, Maluku Tenggara 5 Peserta, SBB 6 Peserta, SBT 4 Peserta, Buru 14 Peserta, Buru Selatan 9 Peserta, Kepulauan Aru 8 Peserta, KKT 1 Peserta dan MBD 4 Peserta.

Direktur Jenderal PHU Kemenag RI Prof. Hilman Latief dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Dr. H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I saat membuka seleksi petugas haji tahun 1445 H/2024 M tingkat daerah di Asrama Haji Waiheru Ambon, mengatakan, dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Masyarakat serta menjaring petugas haji yang memiliki kompetensi, integritas dan dedikasi yangbaik, Kementerian Agama melaksanakan seleksi calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter secara terbuka dan kompetitif.

Untuk mengikuti seleksi PPIH, pertama, para peserta harus melengkapi seluruh persyaratan teknis serta administrasi yang ditetapkan dan ketika dinyatakan lolos dalam tahapan tersebut peserta dapat mengikuti tes seperti hari ini, Tahapan berikutnya adalah penilaian dan tes seleksi:

Tahap pertama dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota baik penilaian administrasi maupun tes kompetensi (CAT). Tahap kedua dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi baik tes kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) maupun wawancara.

“Adapun materi tes yang akan dujikan kepada para peserta adalah wawasan kebangsaan, regulasi, moderasi beragama, manasik haji serta tugas dan fungsi petugas haji,” jelasnya

Dikatakan, proses seleksi ini dilakukan dalam rangka memotret kompetensi, pengetahuan dan pemahaman, motivasi serta dedikasi para calon petugas haji. Diharapkan nantinya petugas-petugas haji yang terpilih adalah mereka yang benar-benar memiliki kompetensi yang memadai, pengetahuan yang mumpuni serta motivasi dan semangat melayani kepada para tamu-tamu Allah.

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Apel Gabungan Antisipasi Tahapan Pilkada 2024

“Kementerian Agama menaruh perhatian besar terhadap proses rekrutmen petugas haji. Karena tersedianya petugas haji yang memiliki kompetensi, pengetahuan dan motivasi yang memadai merupakan salah satu faktor penting untuk tercapainya keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji,” pungkasnya

Ketua Panitia H. Djumadi Wali, S.Ag, M.H dalam laporannya mengatakan, Rekrutmen Petugas haji bertujuan untuk memperoleh petugas haji yang mampu menegemban tugas dalam membimbing dan melayani dalam hal urusan ibadaha, akomodasi, transportasi konsumsi dan layanan Kesehatan. 

Layanan Petugas yang dibutuhkan Petugas Kloter terdiri dari, Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah. Sementara petugas Non Kloter terdiri dari, Layanan Akomodasi, Layanan transportasi, Layanan Konsumsi, Layanan Bimbingan Ibadah dan Layanan Siskohat. 

Baca Juga  Rektor ITB Dilaporkan ke Bareskrim Polri Gara-gara Sirekap

“Bagi Peserta yang dinyatakan terbaik 1, 2 dan 3 dari masing masing layanan akan berhak mengikuti seleksi selanjutnya pada Tingkat provinsi di Ambon pada tanggal 28 Desember 2023,” pungkas H. Djumadi yang juga selaku Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Turut hadir, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. M. Rusydi Latuconsina, S.Ag, beserta para Kepala Bidang lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku. (red/resi)

No More Posts Available.

No more pages to load.