ABK dan Nakhoda KM Aru Indah Ditemukan Dalam Keadaan Selamat

oleh -85 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: KM Aru Indah yang mengalami patah as kemudi di perairan antara Kei Kecil dan Kei Besar berserta kedelapan ABK dan nakhodanya ditemukan warga dalam keadaan selamat, Ahad, 21 Juni, tadi malam.

“Kapal tersebut telah ditemukan oleh warga dari Desa Mun – Pulau Kei Besar sekitar 2 Nautical Mille (NM) dari pesisir pantai desa tersebut. Kapal maupun 8 crew juga telah dievakuasi ke Desa Mun dalam keadaan selamat,” ungkap Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin di Ambon, Senin (22/6/2020).

Menurut Mislimin, kapal bermuatan semen dan peralatan mesin tersebut mengalami patah as kemudi setelah berlayar pada posisi sekitar 19,20 Nautical Mile (NM) dari Pelabuhan Yos Sudarso – Tual.

Baca Juga  Satgas Yonif RK 732/Banau Terima Penyerahan 7 Senjata dan 65 Butir Munisi Dari Warga Maluku

“Kapal tersebut sementara berlayar dari Tual menuju Banda Eli – Pulau Kei Besar,” ujarnya.

Link Banner

Muslimin bilang, menerima laporan tersebut, Basarnas memberangkatkan Tim SAR Gabungan dengan menggunakan Kapal KN 364 milik PPLP Tual ke lokasi untuk melakukan pencarian.

Menurutnya, pada Minggu (21/6/2020) pukul 22.30 WIT, Pos SAR Tual menerima informasi dari Sofyan Wally (korban) yang menyebutkan bahwa, pada pukul 19.35 WIT KM Aru Indah telah ditemukan oleh warga dari Desa Mun – Pulau Kei Besar dan dievakuasi ke desa tersebut dalam keadaan selamat.

“Tim SAR Gabungan menggunakan KN 364 milik PPLP Tual tiba di Desa Mun – Pulau Kei Besar, Senin (22/6/2020) pukul 00.00 WIT untuk koordinasi dan memastikan keberadaan korban.

Setelah melakukan koordinasi, selanjutnya Tim SAR Gabungan menggunakan KN 364 milik PPLP Tual kembali menuju Pelabuhan Yos Sudarso Tual.

Baca Juga  Musyawarah Desa Wai Ina Diwarnai Kericuhan

“Dengan ditemukannya Korban dalam keadaan Selamat dan telah dievakuasi maka Operasi SAR dinyatakan selesai,” pungkas Muslimin.

Berikut nama nahkoda ABK KM Aru Indah:

Abdul Rahmah (Nahkoda).
M Husin Salamun (ABK).
Sofyan Wally (ABK).
Nyong Salamun (ABK).
Imam Salamun (ABK).
Adrian Adre (ABK).
Adam Rahanggiar (ABK).
Umar Marandang (ABK).

(red/rtm/bs)