Afrika Selatan Ajukan Israel ke Pengadilan Internasional atas Genosida di Perang Gaza

oleh -29 views
Korban tewas akibat serangan Israel di Gaza, Palestina terus bertambah, Senin (23/10/2023). Foto: AP Photo/Hatem Ali

Porostimur.com, Den Haag – Afrika Selatan pada Jumat (29/12/2023) mengajukan Israel ke pengadilan internasional dengan tuduhan melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza. Tuntutannya untuk meminta pengadilan memerintahkan Israel menghentikan serangannya ke Gaza.

Pengajuan Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional menuduh bahwa tindakan dan kelalaian Israel bersifat genosida, karena dilakukan dengan tujuan untuk menghancurkan warga Palestina di Gaza.

Afrika Selatan telah menjadi pengkritik keras aksi militer Israel di Gaza. Banyak warganya, termasuk Presiden Cyril Ramaphosa membandingkan kebijakan Israel terhadap warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat dengan rezim rasial apartheid di Afrika Selatan di masa lalu. 

Israel Tolak Tuduhan

Afrika Selatan meminta pengadilan yang bermarkas di Den Haag untuk mengeluarkan perintah agar Israel segera menghentikan operasi militernya di Gaza. Sidang atas permintaan itu kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa hari atau minggu mendatang. 

Baca Juga  3 ASN Maluku Utara Ngaku Dapat Sabu dari Wanita Inisial I

Kasus ini, jika dilanjutkan, akan memakan waktu bertahun-tahun, tetapi perintah sementara dapat dikeluarkan dalam beberapa minggu.

Pemerintah Israel menolak tuduhan genosida dan menyebutnya sebagai “pencemaran nama baik.” Pernyataan Afrika Selatan tidak memiliki dasar hukum dan merupakan eksploitasi yang tercela dan menghina terhadap pengadilan,” ujar Kementerian Luar Negeri Israel.

No More Posts Available.

No more pages to load.