Agar Jawa Tak Jadi Musuh Bersama, Pigai Usul Indonesia Jadi Negara Federal

oleh -75 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai punya solusi sendiri agar tirani mayoritas Jawa tak dimusuhi oleh orang-orang di luar Jawa. Salah satu yang harus dilakukan adalah mengubah sistem Pemilu yang ada di Indonesia.

Menurutnya, kalau selama ini yang diterapakn adalah sitem satu orang satu suara, mak dia mengusulkan agar ke depannya sistem menjadi sistem distrik atau yang disebutnya elektoral vote.

“Supaya tirani mayoritas Jawa ini tida menyebabkan musuh bersama luar Jawa, maka 1. Sistem Pemilu One Men, One Vote, One Value dirubah ke sistem distrik (elektoral vote) dalam UU Pemilu mendatang,” kata Natalius Pigai melalui cuitan di akun Twitternya @NataliusPigai2 sepertti dikutip law-justice.co, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga  Komisi II DPRD Maluku Rapat Kerja dengan Mitra UPTD

Adapun langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengubah Negara kesatuan Republik Indonesia menjadi negara federal. Usulan tersebut dia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo, mantan Ketua Mahkamah Konstitisi Jimly Ashidiqqie, dan kepada partai NasDem.

“2. Negara Federal. Ini usulan!,” katanya sambul menyebut kaun Twitter Jokowi dan Jimly.

Pernyataan itu disampaikan Pigai menyusul hebohnya video potongan ceramah dari Ustaz Tengku Zulkarnain. Ustaz Tengku Zulkarnain yang menyinggung perbedaan budaya Jawa dan Sumatera itu pun diancam dilaporkan ke polisi.

Baca Juga  Lantamal IX Vaksinasi Penumpang dan Pengemudi Speed Boat Wayame

Namun, oleh Pigai apa yang disampaikan Wakil Sekjen MUI itu memeakili mayoritas di luar Jawa. Dia pun sangat mendukung Ustaz Tengku Zulkarnain. (red/rtm/ljc)