Airlangga Blunder Soal Mobil Asemka

oleh -62 views
Link Banner

Menteri Perindustrian tersebut beberapa kali salah ucap saat membahas mobil Esemka saat interview di stasiun TV swasta.

Porostimur.com | Jakarta: Diresmikannya Esemka pada pekan lalu membuat heboh jagat otomotif di tanah air. Sempat menimbulkan simpang siur, mobil ini akhirnya menunjukkan batang hidungnya.

Kehadiran mobil tersebut ramai dibicarakan karena banyak pihak yang terlibat, salah satunya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ia pun kerap menjadi narasumber terkait kemunculan mobil tersebut. Namun dalam beberapa acara di televisi, ia terlihat beberapa kali melakukan beberapa kesalahan. Apa saja itu?

Baca Juga  Camat, Polsek dan Raja Saparua Sosialisasi Pencegahan Covid-19
Mobil Esemka. (Suara.com/Ari)
Mobil Esemka. (Suara.com/Ari)

1. Menyebut Viar dari India

Dari berbagai macam merek motor yang hadir di tanah air, Viar merupakan salah satu nama yang cukup populer, apalagi dengan produk motor beroda tiga yang kerap digunakan untuk kepentingan niaga.

Namun dalam sebuah dialog, Menperin menyebut bahwa Viar merupakan motor dari India. Hal tersebut kemudian langsung dikoreksi oleh Ridwan Hanif, seorang pengamat otomotif, bahwa motor tersebut diproduksi di Semarang, Jawa Tengah. Interview tersebut dapat disimak di sini.

2. Bingung saat menjelaskan asal mesin mobil tersebut

Tak cuma itu, Menperin juga menjawab dengan ‘luput’ saat ditanya mengenai asal mesin mobil Esemka.

Ditanya mengenai hal tersebut, ia malah menjawabnya dengan menyebut kapasitas mesin mobil yang notabene berkapasitas 1.200cc. (RTL/red/suara)