Akademisi Unibrah Pertanyakan Bantuan Huntap di Halsel

oleh -139 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Akademisi Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara, Sidin Usman, SE, M.Ak mempertanyakan bantuan Hunian Tetap dari BPBD Kabupaten Halmahera Selatan yang sampai saat ini belum diterima oleh masyarakat korban gempa.

Sidin yang ditemui di kediamannya, Sabtu (4/7/2020) mengatakan bantuan Hunian Tetap (Huntap) hingga saat ini belum diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Halmahera Selatan kepada Masyarakat yang terkena gempa bumi pada Tahun 2019.

Sidin bilang, untuk bahan rumah hunian tetap sudah diturunkan oleh pihak BPBD kabupaten Halmahera Selatan namun belum sampai ke masyarakat.

Menurutnya, desa-desa yang belum terima bantuan Huntap antara lain, Desa Lemo-Lemo, Desa Gane Dalam, Desa Sekli dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Gane Timur Kabupaten Halmahera Selatan.

Link Banner

Sidin berharap Pemda Kabupaten Halmahera Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Halsel segera memberikan bantuan tersebut ke desa yang belum terima bantuan Huntap.

Baca Juga  Pasien 01 Positif Covid-19 di Maluku Dinyatakan Sembuh

Sidin mengancam akan melaporkan keep BNPB, apabila pihak BPBD Kabupaten Halsel tidak cepat memberikan bantuan Huntap kepada masyarajat yang menjadi korban gempa bumi dengan kekuatan gempa sebesar 7,2 SR pada tanggal 14 Juli 2019 lalu.

“Saya segera tindaklanjuti ke BNPB dalam waktu dekat”, tegasnya.

Camat Gane Barat Jamal Ishak yang di hubungi via telepon Sabtu siang, membenarkan bahwa bantuan rumah yang sudah turun, tali itu dari Perkim Halsel.

Sementara untuk bantuan Huntap belum diturunkan kedesa-desa dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Halmahera Selatan. (bur)