Akhir 2017, pertumbuhan ekonomi Maluku diharapkan meningkat

oleh -54 views
Link Banner

@PorosTimur.com | Ambon : Pertumbuhan ekonomi secara global, diharapkan membawa dampak yang positif bagi pertumbuhan Maluku.

Meskipun dalam triwulan III ini pertumbuhan ekonomi di Maluku drop lagi ke 5,2%, namun diharapkan dapat kembali bangkit pada triwulan IV atau menutupi akhir tahun 2017 nanti mencapai 5,3 hingga 5,7%.

Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Maluku, Drs Zeth Sahuburua, dalam pertemuan tahunan yang digagas Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, di The Natsepa Hotel, Rabu (6/12).

Pertemuan tahunan dimaksud mengusung tema membangun Maluku secara nasional dan global.

Link Banner

Menurutnya, analisa BPS dalam mengukur sesuatu daerah miskin atau tidak, itu belum tentu benar. Pasalnya, pertumbuhan di Maluku cukup baik walaupun tingkat kemiskinan kita urutan ke-4.

Baca Juga  Simpel dan Unyu dengan Mix and Match Slip Dress untuk Hijabers

Begitupun BPS menilai survei tersebut, akunya, dari indikator secara nasional untuk sebuah kepulauan.

”Tingkat kemiskinan di Maluku dari 2014 berjumlah 25% tapi tingkat itu menurun dalam kurun waktu 4 tahun menjadi 18,25%. Dan dapat dilihat dari dana APBD kita hanya Rp 3,1 trilyun dan hasil utama yang dimiliki dikira masyarakat Maluku itu ikan yang memiliki potensi 3,5 juta ton pertahun,” ujarnya.

Sumbangan 30% potensi perikanan nasional dari Maluku, jelasnya, membantu pemerintah bisa mengarap potensi ikan sebanyak 500 juta ton.

”Dengan harga terendah Rp 40.000, jika dikalikan, maka sudah 20 trilyun rupiah kita sumbangkan untuk bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan,” jelasnya.

Menurutnya, pada saat ini juga Pemerintah RI melalui Kemeterian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyumbangkan 132 unit kapal.

Baca Juga  Sambut Peringatan Hari Dharma Samudra, Lantamal IX Melaksanakan Upacara Ziarah Tabur Bunga di TMP Kapahaha Ambon

Dimana, bantuan ratusan unit kapal ikan ini akan dibagikan secara merata kepada seluruh nelayan di seluruh pelosok Maluku.

”Bukan hanya itu Maluku juga memiliki potensi dalam seni dan budaya. Dimana, seni dan budaya itu dituangkan dalam bentuk tenun Tanimbar yang akan dikenalkan untuk seluruh rakyat dan masyarakat luas,” pungkasnya. (Grace)