Akhiri Kuker di Kepuluan Sula, Kakanwil Kemenag Malut Monitoring AKB di Beberapa Madrasah

oleh -9 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Mengakhiri Kunjungan Kerja (Kuker) Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara di Kabupaten Kepulauan Sula, pada sore hari Selasa (6/10/2020) Kakanwil dan rombongan melaksanakan monitoring pelaksanaan penerapannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada Proses Belajar Mengajar (PBM), beberapa Madrasah di Sanana.

Adapun Madrasah yang dikunjungi adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Sanana, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Sanana, Madrasah Ibtidaiyh (MI) Nurul Hidayah di Desa Fogi dan Mts Swasta LPM Pastina di Desa Pastina.

Di setiap Madrasah yang dikunjungi, Kakanwil dan rombongan turun langsung ke ruang-ruang kelas, serta berdialog langsung kepada civitas madrasah, baik Kepala, Guru, Tenaga Kependidikan maupun siswa-siswi madrasah. Ada beberapa hal yang disampaikan Kakanwil, H. Sarbin pada saat berdialog di masing-masing madrasah, yakni sebagai berikut :

Baca Juga  LANAL Ternate Amankan 810 Kantong Miras dari Halbar

Kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota dan Kepala Seksi Pendidikan Islam agar melakukan koordinasi dengan tim penanganan covid-19 tingkat Kabupaten, dalam upaya menjamin proses belajar mengajar di madrasah dengan aman, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang maksimal.

Link Banner

Menurut Kakanwil, saat ini proses belajar mengajar tatap muka langsung (luring) pada madrasah tidak dilakukan dengan shif atau pembagian masuk siswa, tetapi dilaksanakan berdasarkan zonasi potensi covid pada domisili madrasah, murid, guru maupun civitas madrasah yang lain.

Selanjutnya Kakanwil meminta Jajaran Madrasah untuk aktif berkoordinasi dengan satuan penanganan covid-19 setempat, baik tingkat kecamatan atau desa, dalam upaya membuka pembelajaran kembali di madrasah. Kepala madrasah diharapkan dapat menyediakan fasilitas kesehatan penunjang protokol covid, seperti tempat cuci tangan pada masing-masing kelas, harus tersedia dengan baik, begitu juga dengan kebersihan, sanitasi, harus terpelihara dan selalu dijaga hiegienitasnya.

Baca Juga  Bosan Makan Kangkung dan Ikan Teri, 4 Karyawan Pukuli Mandor Proyek

Selain itu Kakanwil menginstruksikan kepada seluruh guru madrasah Provinsi Maluku Utara dimana pun berada, untuk melaksanakan proses belajar baik secara daring meskipun tidak maksimal, ataupun dengan bertatap muka pada madrasahnya masing-masing.

Dengan terbatasnya waktu belajar mengajar luring, yakni di mulai pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 11.00, maka diharapkan guru madrasah dapat menyesuaikan pembelajaran dengan Kurikulum Darurat yang telah diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Madrasah Kementerian Agama.

Kepada para Guru Madrasah, Kakanwil mengharapkan untuk menggunakan fasilitas layanan pendidikan secara daring pada madrasah atau Google E-Madrasah yang telah diluncurkan oleh Kementerian Agama bekerja sama dengan Google, sebagai penambahan waktu PBM bertatap muka (luring) yang dirasa kurang.

Baca Juga  Kemenparekraf Dorong Musisi Manfaatkan Digitalisasi secara Kreatif

Adapun biaya data untuk akses internet, menggunakan fasilitas yang telah diberikan Pemerintah melalui Kementerian Agama yang telah bekerjasama dengan Telkomsel, sehingga biaya penggunaan data baik siswa maupun guru dalam proses pembelajaran bisa ditekan.

Terakhir, Kepada civitas madrasah khususnya di Kabupaten Kepulauan Sula, agar terus bersemangat dalam proses belajar mengajar meskipun dalam kondisi pandemi covid, dimana hal tersebut adalah upaya yang harus ditempuh meskipun dalam kondisi sempit, dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsaSarbin.

“Terima kasih kepada Kepala, Guru dan Tenaga Kependidikan pada Madrasah yang telah berdedikasi memberikan pelayanan pendidikan di tengah pandemi”, tutup H. Sarbin. (red/inmas)