Akibat Hujan Deras, Dua Rumah Warga Tolofuo Tertimpa Tanah Longsor

oleh -110 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Akibat hujan deras yang melanda Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) sejak Ahad sampai Senin 8 Juni 2020 pagi tadi, dua rumah warga di Desa Tolofuo tertimpa longsor.

Rumah milik Rakip Umar dan Apsiran Apsa mengalami kerusakan berat. Tanah yang longsor menimbun dua rumah tersebut hingga ambruk.

Hal ini disampaikan oleh salah satu Kaur Desa Tolofuo, Harmin Muchsin kepada wartawan melalui WhatsApp, Senin (8/6/2020). Harmin menjelaskan bahwa longsor terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah itu sepanjang akhir pekan hingga Senin pagi

“Runtuhnya dua rumah warga, disebabkan hujan deras dari malam sampai pagi, karena kondisi di desa, tanahnya mudah longsor, baru posisi rumah juga berada di dekat tebing,” ungkapnya.

Hermin mengatakan, hal ini sudah pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, ketika deras nya hujan dengan waktu hanya dalam sehari. Namun kerusakan tahun lalu dapat direspon baik oleh Pemda Halbar melalui BPBD Halbar.

Baca Juga  Polsek Ternate Selatan Kantongi DNA Terduga Pelaku Pembuangan Janin

Pemdes Tolfuo ini meminta kepada Dinas terkait agar dapat merespon dengan musiba yang menimpa warga hingga dua rumah runtuh.

“Kami berharap pihak terkait dapat menangani bencana longsor tersebut karen kejadian ini dapat membuat masyarakat resah serta ketakutan,” harapnya.

Tidak ada korban jiwa yang menimpa warga sekitar dari bencana longsor tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Halbar Imran Lolori saat di konformasi membenarkan adanya bencana tersebut dan saat ini pihaknya telah mengupayakan semaksimal mungkin. Namun, menjadi kendala untuk akses karena cuaca buruk, akhirnya belum bisa menuju kelokasi kejadian.

“Kami sudah mengupayakan namun, cuaca alam buruk, sehingga belum bisa menuju ke tempat kejadian.”

Baca Juga  Terkendala Akses Internet, KPU Maluku Utara Belum Bisa Gunakan Aplikasi SIREKAP

“Tapi kami sudah berkomunikasi dengan Camat Loloda untuk memastikan kondisi di tempat kejadian serta mendata kerusakan apa saja agar kami bisa mengetahui serta menyiapkan semua kebutuhan,” pungkasnya. (ash)