Akibat Hujan Lebat, Rumah Warga di Skip Tertimbun Longsor

oleh -221 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Rumah salah satu warga di Kawasan Skip, Kelurahan Batu Meja tertimbun longsor akibat hujan deras yang mengguyur Kota Ambon sejak pagi hingga sore tadi.

Longsoran tanah dan batu yang menimpa dua rumah warga di kawasan RT 04/02 Skip Tengah serta RT 04/01 Skip Atas Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon), Maluku tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja, P. Loppies mengatakan, bencana longsor yang terjadi menimpa sebuah rumah milik keluarga Fredy Wattimena.

“Tidak ada korban jiwa dalam perisitiwa tersebut, namun dinding rumah bagian belakang milik keluarga Fredy mengalami kerusakan akibat material longsor menghantam dinding rumah tersebut,” jelasnya, Senin (4/5/2020).

Kasat menambahkan, material longsor hingga sore tadi sudah dibersihkan oleh anggota Satpol PP Kota Ambon, dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta warga sekitar.

Sementara itu, Sekretaris Badan (Sekban) Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury dalam keterangannya menjelaskan, untuk meminimalisir bencana longsor, pihaknya akan memasang terpal pada lokasi tersebut.

Baca Juga  Kota Ambon Kembali ke Zona Merah Corona

“Pihak BPBD sudah tinjau lokasi, kita juga sudah melakukan pendataan, langkah awal yang akan kita tempuh adalah dengan menghancurkan batu karang dan kemudian memasang terpal pada area miring disekitar lokasi untuk mengurangi dampak pengikisan,” kata Sekban.

Sekban menghimbau kepada masyarakat yang tinggal disekitar lereng bukit dan juga bantaran sungai untuk senantiasa waspada apabila curah hujan meningkat.

“Bencana alam berupa tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 12:30 WIT ini menimpa rumah keluarga Fredy Wattimena dan keluarga Ny. Ola Mailissa,” kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon.

Longsor material tanah disertai batu ini telah mengakibatkan dinding rumah bagian belakang jebol, namun tidak ada warga yang terluka atau pun menjadi korban dalam peristiwa ini. (red)

Baca Juga  Jimi Hendrix sampai John Lennon, Musisi Terkenal yang Memprediksi Kematian Mereka Sendiri