Akibat Hujan Tanah Longsor Kembali Terjadi di Kota Ambon

oleh -90 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hujan yang terus melanda Kota Ambon beberapa hari terakhir kembali menyebabkan terjadinya longsor di Kawasan Skip, Kelurahan Batu Gajah, Kota Ambon pada Selasa (30/6/2020).

Meski tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu, namun longsor menyebabkan warga yang berada di RT OO2 / RWO03 Kelurahan Batu Meja itu dibuat panik.

Salah satu warga Skip, Ny. Wenno mengaku, kejadian yang sama pernah terjadi pada Mei 2020 lalu. Kala itu, material batu dan tanah runtuh dan merusakkan dua rumah milik warga Skip.

“Musim penghujan kali ini, longsor kembali terjadi. Kejadiannya sekira pukul 10 pagi. Saat itu, kami sekeluarga tengah berada di dalam rumah. Kami lari keluar rumah setelah mendengar adanya bunyi dentuman keras di samping rumah,” ungkapnya

Link Banner

Setelah keluar, barulah diketahui bahwa terjadi longsor. Tidak lama kemudian, warga membawa tiga buah terpal yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon.

Baca Juga  Lakoni Laga Tandang Pra Nasional Liga 3, Persiter Siap Curi Poin di Stadion Mandala Remaja Ambon

“Jadi warga kemudian saling bantu menutup tanah dengan terpal agar supaya air tidak lagi meresap dan menyebabkan longsor susulan,” terangnya.

Kepala BPBD Kota Ambon, Demmi Pays yang dikonfirmasi Kabartimurnews.com mengimbau kepada masyarakat Kota Ambon yang menempati wilayah rawan longsor, untuk tetap waspada.

Kemudian juga, pengguna jalan harus waspada dengan keberadaan pohon di pinggiran jalan. Hujan dan angin dapat menyebabkan pohon mudah tumbang.

“Yang ada pohon di samping rumah, harus juga waspada adanya pohon tumbang. Begitu juga untuk pengguna jalan. Sebab hujan diperkirakan masih terus ada hingga Agustus 2020 mendatang,” pungkasnya. (red/katim)