Akreditasi Puskesmas Waesala, Kemenkes RI Turunkan Tim Survei

oleh -88 views
Link Banner

@Porostimur.com | Waesala : Guna memenuhi proses akreditasi Puskesmas Waesala, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menurunkan tim surveinya, Kamis (21/11).

Acara seremonialnya pun digelar sederhanya di halaman Puskesmas Waesala, Kecamatan Huamual Belakang.

Acara ini dihadiri Camat Huamual Belakang, Usman Manija, Danramil Persiapan Waesala, Pelda Ujang Ramadhan, Kapolsek Huamual Belakang, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten SBB, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan para tamu undangan.

Tim survei akreditasi yang diturunkan Kemenkes RI sebanyak 3 orang, yakni Surveyor Admin sekaligus Ketua Tim, dr. Andi M. Rompegading,M.Kes, Surveyor UKM, Ni Neng Sukarwati,SKM dan Surveyor UKP, dr. Cristofffel Relmasira,MPH.

Keberadaan tim survey ini selama 3 hari, sejak Kamis (21/11) dan akan kembali Minggu (24/11) nanti.

Baca Juga  Politikus Selandia Baru Pro OPM Demo Pameran Dagang Indonesia

Dalam sambutannya, Rompegading menegaskan akreditasi merupakan langkah awal dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

”Akreditasi adalah langkah penilaian yang dilakukan oleh kementrian kesehatan, sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di tengah masyarakat yang berkesinambungan, agar masyarakat puas dengan pelayanan, terutama penilaian ke masyarakat atau lintas sektor,” ujarnya.

Hasil survey berupa dokumentasi ini, tegasnya, sedianya dimasukkan kepada Kemenkes RI dan dilakukan penilaian.

”Selanjutnya kita akan memotret semua kegiatan puskesmas guna untuk memperlekap akreditasi dan akan dipertimbangkan dalam komisi. Dan semoga saja hasil potret kita selama tiga hari ini dapat menuai hasil yang maksimal dan bisa lolos akreditasi,” harapnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Waesala, Ahmad Taniloton, mengapresiasi kehadiran tim survey yang diturunkan Kemenkes RI dalam proses akreditasi.

Baca Juga  Gelar Trauma Healing untuk Penyintas Gempa Maluku, BNPB Ajak Artis dan Seniman

”Kami dari pihak puskesmas mengucapkan terima kasih kepada tim survei akreditasi yang hari ini tiba untuk lakukan penilaian. Dan semoga saja dengan penilaian mereka puskesmas waesala dapat terakomodir dan terakreditasi.  Dan hari ini langkah awal telah dilakukan. Harapan kami untuk Puskesmas Waesala ini segera mendapat akreditasi dengan nilai yang bagus, sehingga dapat setara derajatnya dengan puskesmas lainnya seperti provinsi. Dan lebih utama untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” pungkasnya. (doddy)