Aktifitas Tambang Pasir Ilegal di Kota Bitung Mulai Beroperasi

oleh -150 views
Link Banner

Porostimur.com | Bitung: Aktifitas tambang pasir ilegal di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara mulai beroperasi, sebelum terjadi bencana alam, pemerintah dan aparat kepolisian sebaiknya menutup lokasi – lokasi tambang yang tidak mengantongi ijin resmi, Minggu (12/11).

Kalau hal ini tidak ditindaklanjuti, justru akan menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat Kota Bitung, lebih khusus masyarakat seputaran lokasi tambang yang lebih dulu merasakan dampaknya.

Pantauan porostimur.com di lapangan, beroperasinya tambang pasir ilegal terjadi mulai Sabtu 30/11/2019 kemarin. Dimana, sejumlah mobil dum truck bermuatan pasir masuk ke area Pelabuhan Samudera Bitung.

Begitu dilakukan pengecekan, ternyata pasir tersebut dibuang ke dalam kapal tongkang yang sedang terpakir di salah satu dermaga Pelabuhan Bitung, lebih tepatnya di samping dermaga PT Pertamina Bitung.

Rencananya, ribuan kubik pasir ilegal yang diambil dilokasi Aer Ujang, Kelurahan Girian Indah, Kecamatan Girian, akan dibawa ke Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Baca Juga  Bayi 3 Bulan Berstatus PDP di Kabupaten Halbar Dimakamkan Dengan Prosedur Covid-19

Adapun pemuatan pasir ilegal sudah dilaporkan ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung agar kegiatan ini dihentikan.

Jangan sampai menimbulkan pembicaraan dikalangan masyarakat bahwa hukum di Indonesia itu tumpul ke atas tajam ke bawah. (dan)